Senin, 27 Oktober 2014

Bangun oiii Bangun

"Prinsip Sukses no.1 adalah Tanggung Jawab terhadap Diri Sendiri" 

Hai Frennn

Sudah cukup lama tidak bersua dan bertutur kata dalam blog ini. Banyak sekali kesibukan pekerjaan yang harus dituntaskan hehehe

Hari ini, Senin, 27 Oktober 2014 dan Hujan Luar Biasa Gilanya dan Lebatnya hehehe

Untuk bangun dari tempat tidur pun perlu sebuah Perjuangan yang Berat dan Gagah Berani wakakak. Dingin dan Sejuknya udara pagi, dan juga Hujan Lebat tentu menciptakan sejuta alasan bagi kita untuk berleha leha dan melanjutnya tidur di kasur yang nyaman tersebut hehehe

Saya juga merasakan hal tsb hari ini hehehe keasyikan dan maunya waktu bisa distop sejenak untuk kita menikmati enaknya tidur pagi hehehe (bukan tidur malam lagi hehehe)

But Frennnn Tugas Saya banyak pagi ini, soo harus bangun, mandi dan mengatur segala sesuatunya hehehe tetapi saya harus mensyukuri mendapatkan berbagai Tugas sesuai peranan nya.

Klo tidak mah saya masih terbius dengan nikmatnya udara pagi dan hujan lebat toh boss di kantor gak bakalan marah kok hehehe alasannya bisa banyak loh

Pak Hujan Lebat pak, jalanan macet pak, banjir pak depan rumah, pak anak kucing saya tenggelam pak wakakakak .....
Anda berpikir Alasan maka sejuta alasan akan keluar frennn

Kehidupan kita semua juga mempunyai kemiripan dengan peristiwa susahnya bangun pagi hehehe apalagi kondisi sejuk begini hehehe namun kehidupan tidak hanya sesimpel bangun pagi frennn

"Kehidupan Nyata" tidak pernah menegur kita kalau kita mau bermalas malasan, tidak akan frenn, Tidak ada yang mengontrol diri kita Frenn, Percaya Saya hehehehe.

Anda mau tidur sampe siang , Trus jam 1 baru masuk kantor dan ciptakan alasan ke boss Anda, itupun bisa bisa saja hehehehe. Apakah ini yang Anda Sebut Freedom ? hehehe

Hati Hati dengan kemalasan ini hehehe
Next Article kita bahas yah apa makna sebenarnya Freedom hehehe

Namun satu yang benar Anda sia siakan adalah Waktu dan Potensi Anda yang sebenarnya bisa berkarya lebih baik dan ujung2nya untuk kebaikan keluarga, kesejahteraan ekonomi dsb nya.

Maka tidak salah bahwa Jack Canfield Penulis Terkenal di Chicken Soup mengatakan "Prinsip Sukses no.1 adalah Tanggung Jawab terhadap Diri Sendiri" 

Mengapa ?
Karena hanya diri kita sendiri yang bisa Disiplin dan Siap utk diproses untuk hidup yang lebih baik. Dalam Kasus Hujan ini maka kita yang harus teriak ke dalam diri kita sendiri " Bangun oiii Bangun !!!"

Semoga Bermanfaat Frennn

Bangun  oiii Bangun !!!!

Senin, 20 Oktober 2014

Pay Me First !

" Unsur Utama dalam mengelola Keuangan adalah DISIPLIN "

Hai Frennnn

Kali ini ijinkan saya membahas permasalahan yang meliputi uang alias fulus hehehe

Banyak diantara kita selalu mengalami kondisi ini :
1. Tidak Cukup Uang untuk Kebutuhan
2. Belum Habis Uang, Gaji udah Habis
3. Banyak sekali Kebocoran dalam Keuangan Keluarga
4. Penghasilan sehh Besar namun kok Susah yah untuk Menabung

Bila Anda mengalam permasalahan seperti itu, itu lumrah dan normal frennn but kita khan tidak mau seterusnya mendapatkan Masalah yang sama, bukan ?

Saya dulu juga mengalami permasalahan yang sama. Selalu merasa Uang itu tidak cukup karena sudah aturkan Pos Pengeluaran yang ini dan itu, kok gak cukup terus keuangannya hehehe

Sampai suatu saat, saya belajar dari beberapa Mentor Saya yang luar biasa tentang pengaturan keuangan. Jawaban mereka bervariasi dan memiliki Logikanya sendiri sendiri. Namun saya melihat ada garis merah dari apa yang mereka ajarkan tentang mengatur keuangan.

Garis Merah nya adalah " Pay Me First ! "

Benar, semua saran mereka adalah apabila Anda sudah mendapatkan penghasilan Anda, apakah Anda itu seorang Profesional, apakah Anda seorang Karyawan, ataupun Pengusaha, Selalu ditekankan satu hal.

Setelah Anda mendapatkan penghasilan, Tolong Bayarkan ke Pribadi Anda dulu.
Bayarkan maksudnya disini, Tolong sekian persen dari penghasilan Anda untuk Anda pakai untuk menabung atau berinvestasi ke diri Anda. Biasanya itu sekitar 20 sd 30 % dari total penghasilan utama Anda.

Mengapa harus bayar ke diri sendiri dulu ?
Karena Anda lah yang bekerja mencari nafkah, sewajarnya diri Anda yang dipentingkan dulu, tentunya untuk Anda simpan ataupun ditabung atau investasi ke instrument yang moderat.

Dipentingkan disini bukan berarti Egois yah frennn namun artinya Anda harus mampu memprioritaskan mana yang Utama duluan. Toh jujur saja, walaupun Tabungan itu Anda simpan untuk diri sendiri, ketika sewaktu waktu memerlukannya, Anda pasti memakainya untuk Tujuan yang lebih besar seperti Kuliah, Bisnis, Bantu Keluarga dan itu sebenarnya bukan Egois hehehe

Nah sisa nya baru lah Anda aturkan untuk kebutuhan hidup Anda.
Klo gak cukup gimana ?
Yah Pikir Sendiri caranya untuk menambah penghasilan, mau jadi agen asuransi, mau jadi pemain MLM, atau mau bantu ambil job sampingan apa yang tidak menggangu pekerjaan utama Anda yah silahkan hehehe

Bila Anda bisa lakukan hal tersebut selama 2 sd 3 tahun secara DISIPLIN, percaya saya frennn hasilnya lumayan frennn dan Anda akan terkejut melihat angkanya hehehe

Soo Saran untuk kita semua

" Jangan Tingkatkan Gaya Hidup Kita sebelum kita mampu meningkatkan Kapasitas kita dalam mencari Penghasilan "

Semoga Bermanfaat !
Happy Managing Our Financial Life, Frennn !

Jumat, 17 Oktober 2014

Fokus Solusi , bukan Masalahnya !

" Kekuatan Fokus sangat mengagumkan, dia bisa mencari cara, menemukan solusi, memberikan pandangan baru terhadap Masalah yang terjadi. Yah jika Anda benar benar Fokus "

Hai Frennn

Semalam hujan deras di kota tercinta saya, maka sudah dipastikan pagi ini macet sungguh luar biasa hehehe. Jarak yang biasanya bisa ditempuh dalam waktu 5 menit mungkin akan menghabiskan waktu 30 menit.

Ini yang terjadi sewaktu pagi ini berkenderaan ke kantor. Lokasi kantor saya ada di bilangan Jalan HM Yamin namun dikarenakan kemacetan yang luar biasa, akhirnya saya ambil jalur alternatif lain yang memutar agak jauh namun lancar.

Sobat hehehe bukan masalah jalan yang mau saya sharingkan.

Bila kita cermati, masalah kemacetan di jalan itu ibarat seperti kehidupan kita.

Kebanyakan diantara kita bila sudah terjebak macet akan teriak, sebagian akan termenung, sebagian buka radio atau cd playernya, yah sebagian juga telepon maybe untuk memberikan informasi akan telat sampai di tujuan.

Namun juga ada sebagian yang berusaha mencari jalan alternatif. Mungkin orang tersebut mengambil resiko, jalur alternatif lebih jauh, mungkin resikonya disana juga macet, namun setidaknya ada "bergerak"

Hidup juga sama frennn

Sebagian bila kena masalah, terdiam dan tidak bergerak utk cari solusi, sebagian komplain dan mengeluh kenapa masalah ini terjadi di kita, ada juga sebagian orang yang langsung sadar, kumpulkan keluarga, teman dan mencari solusinya.

Tidak ada yang salah dan benar dalam respon orang orang bila tertimpa masalah. Namun bila kita mau masalah cepat selesai, maka segera lah kita bergerak, Move On, selalu mobile untuk mencari solusi.

Kekuatan Fokus itu luarbiasa freennn...
Dia akan bisa memberikan solusi kepada kita asal kita mau fokus dan step by step memecah masalah tsb.

Pernah tahu teknik mengupas bawang ? hehehe. Nah memecahkan masalah juga dengan cara tsb. Step by Step dikulitin Masalah tsb maka Masalah Besar Anda akan menjadi beberapa Masalah Kecil. Setelah menjadi Masalah Kecil maka mudah untuk kita beresin satu persatu masalahnya hehehe

Selesai semua Masalah Kecil maka tidak ada Masalah Besar. Betul Frennn ?

Seperti Pepatah mengatakan " Orang Sukses selalu kelebihan satu solusi, Orang Gagal selalu kelebihan satu alasan "

Yang mana diri kita ?
Yang cari Solusi atau yang cari Alasan ?

Semoga bermanfaat !

Kamis, 16 Oktober 2014

Mulailah ! Jangan Menunda !

" Banyak diantara kita terjebak dengan Rencana yang Hebat, namun hanya segelintir orang yang Mulai Melangkah "

Hai Freennnn

Saya pernah baca sebuah buku Motivasi Klasik yang sudah berpuluh puluh tahun menjadi best seller, sepertinya sekarang masih juga best seller karena menjadi buku pegangan resmi untuk pelatihan penjualan.

Di salah satu bab didalam buku ini ada menceritakan tentang Seorang Penulis Muda yang sukses karena bukunya menjadi best seller dan Penulis ini merupakan Penulis yang cukup aktif dan produktif mengeluarkan judul judul baru.

Suatu saat seorang wartawan yang penasaran karena Penulis tsb bisa sukses di usia muda, berkesempatan mewawancarai nya dan  menanyakan " Hai .. You adalah Penulis yang Produktif. Bagaimana You bisa mengatur waktu dan deadline dari buku buku you ? karena saya pikir selain sebagai seorang Penulis, you juga adalah seorang ibu di rumah yang harus mengurus keluarga "

Jawabannya Penulis itu, " Yah saya harus disiplin dan selalu komitmen dengan deadline saya "

Belum puas, wartawannya nanya lagi, " Menulis kadang khan menggunakan mood, feeling, dan bila You tidak berada dalam posisi dan suasana terbaik untuk menulis padahal you udah dikejar deadline buku tsb, apa yang you lakukan ? "

Penulis Muda itu dengan tersenyum santai dan menjawab " Saya ambil kertas putih banyak banyak, saya pegang pulpen atau pensil (jaman dulu belum terlalu familiar menulis di laptop hehehe ) dan saya mulai menulis sesuka hati, menggambar sketsa, membuat banyak goresan dengan pulpen / pensil saya "

" Dan ketika goresan saya semakin banyak, tangan saya semakin lancar membuat sketsa sketsa maka terakhir mood menulis saya muncul dengan sendirinya dan saya mulai menulis "

My Frennn , kita semua bisa belajar dari Penulis Muda tersebut bahwa banyak hal di dunia ini tidak sesuai dengan keinginan kita, tidak sesuai dengan prediksi kita, tidak seperti yang kita bayangkan,

It's Okay ... Fine .... Itulah hidup ... Jangan Komplain hehehehe

Namun yang penting haruslah mulai melangkah, mulailah bertindak, setahap demi setahap menjalankan Proses Kehidupan tsb.

Paksakan diri kita untuk melakukan apapun yang kita harus lakukan namun kadang kita malas melakukannya.

Penulis Muda tsb melakukan dengan cara sembarang mencoret dan menggores tintanya di kertas, untuk pemanasan sebelum moodnya muncul dan dia mulai menulis.

Dia tidak menyerah dengan hanya duduk diam, namun melakukan " gerakan menulis " tsb untuk memicu otak bawah sadarnya segera mengirimkan signal signal untuk mulai mengeluarkan inspirasi2 dan menulis.

Bagaimana dengan kita ?
Duduk diam termenung menunggu nasib ?
Atau lakukan lakukan lakukan ?

It's Our Choice !
Bukan kah Hidup adalah Pilihan ?

Selamat Melakukan !

Rabu, 15 Oktober 2014

Performance Mindset That Sells !

"Orang Kaya dibayar berdasarkan Hasil, Orang Miskin dibayar berdasarkan Waktu"

Sebuah Quote yang sangat powerful, my frennnn, yang saya temukan ketika asyik mendengarkan CD Free yang dari pembelian sebuah buku berjudul " Financial Revolution in Action " oleh Tung Desem Waringin dan Ongky Hojanto.

Luar biasa nya adalah beliau beliau ini adalah figur pembicara yang hebat dan sangat inspiratif namun lebih luarbiasanya adalah statement ini hehehe benar benar menampar kita semua frennn

Anda boleh beli bukunya freennn bagus tuh,
Saya bukan Tukang jualan buku tsb dan tidak diberikan royalti atas promosi ini hehehe namun bukan kah hal baik harus selalu dibagikan bukan ? hehehehe

Selama ini berapa banyak diantara kita. entah Anda dari latar belakang Pengusaha, Karyawan, ataupun Profesional. Sering kali kita terjebak dalam rutinitas yang dulunya kita selalu berpikir untuk memberikan Performance yang Terbaik menjadi terjebak dalam lingkaran waktu menjadikan kita menggantikan Waktu kita dengan Uang hehhehe

Lohhh bukankah Pengusaha adalah Orang Kaya ?
Belum tentu Frennnn hehehe
Banyak Pengusaha yang masih bermental Orang Miskin, yang masih berpikir buka usaha nya jam brapa, ntar jam berapa harus ditutup, memang secara fisik, orang tsb "berusaha sendiri" tapi secara mental maybe mereka adalah hanyalah "penunggu usahanya" saja hehehe

Kecuali mereka kreatif dan mengembangkan usahanya, yang tadinya hanya buka di siang hari, sekarang diatur 2 shift, siang dan malam, yang dulunya hanya jual produk sejenis sekarang sudah mulai jual bermacam2, atau produk nya tetap sejenis namun cabang nya bertambah banyak

Nah sekarang Karyawan, bukan kah mereka selalu dibayar berdasarkan Gaji ? karena menggantikan waktunya dengan uang ?
Belum tentu juga frennn heheheh
Bisa saja karyawan tersebut negosiasi dengan boss nya dan melakukan semacam perjanjian, bila mampu membantu mencapai omset sekian maka bisa menerima insentif atau bila mencapai target pekerjaan sd sekian limit (angka) maka dapat tambahan insentif sekian rupiah hehehehe

Demikian juga Seorang Profesional, bukankah mereka dibayar berdasarkan keahlian mereka?
Saya ambil contoh : Dokter deh.
Dokter yang canggih bukan lah hanya praktek dan menghabiskan waktunya untuk memeriksa pasien saja, namun mereka berkreatif dan merancang bagaimana agar pasien saya lebih nyaman, bagaimana kalau antrian pasien cukup panjang, apakah saya bisa menambah asisten dokter untuk membantu saya, ataukah saya bisa buka Clinic Tambahan yang memakai nama saya sebagai " clinic lisensi saya " dan seterusnya hehehehe

Orang Kaya dan Orang Miskin hanya berbeda di Pola Pikir. 
Dan Perbedaan Pola Pikir menyebabkan Perbedaan Action.
Perbedaan Action menyebabkan Perbedaan Hasil.

Perbedaan Hasil lah yang membuat kita paham siapa yang sebenarnya Kaya dan siapa yang sebenarnya " Miskin berkedok Kaya "

Happy Learning Frennn !
Sama sama belajar dengan Pola Pikir Orang Kaya !

Semoga bermanfaat !

Senin, 13 Oktober 2014

Sukses dengan hal hal mendasar !

" Prinsip Kesuksesan sebenarnya adalah Abadi ! Ia tidak pernah berubah sepanjang jaman "

Haiii Frennnn

Kemarin lalu baru saya ikut terlibat di sebuah event penghargaan untuk pengusaha pengusaha berprestasi di sebuah Perusahaan MLM di Medan. Di acara tersebut selain daripada penghargaan juga turut ada " Motivation Speech " yang dibawakan oleh 2 pasang suami istri yang sukses di bisnis nya.

Yang Pertama berlatar belakang Seorang Tukang Ayam di Pasar SeiKambing, Medan dan istrinya dulu cuma seorang Pembantu Rumah Tangga. Namun seiring dengan berjalannya waktu, mereka berproses dan berjuang sehingga sekarang memiliki bisnis yang luar biasa dan tercukup sandang pangan bahkan membeli mobil baru dan juga rumah yang besar.

Yang Kedua berlatar belakang Seorang Bidan dan Guru Olahraga SMA dari Magetan, Jawa Timur. Beliau beliau diundang utk bisa memberikan motivasi dan inspirasi kisah sukses hidupnya. Bagaimana sebagai seorang bidan juga di sela sela waktu istirahatnya bisa melakukan bisnisnya dan sukses bersama nya.

Yang mau saya bahas bukan detail bisnis nya hehehe bukan juga latar belakang mereka frennnn

Yang kepingin saya sharingkan adalah apa yang mereka ajarkan diatas panggung di acara seminar semalam itu.

Yang satu mengajarkan BERTINDAK yaitu :

BERsyukur dalam segala kondisi
TIdak ada yang tidak mungkiN
kehenDAK yang tulus

Yang satu lagi mengajarkan Kekuatan PERCAYA, bahwa apapun yang terjadi dalam hidup kita, Anda harus memiliki sikap mental yang :

PERCAYA itulah yang terbaik
PERCAYA bahwa Tuhan akan selalu melimpahkan rejeki nya ke kita
PERCAYA hari esok akan lebih baik
PERCAYA bahwa kita adalah insan pemenang

Sooo apa relevansi dengan judul topik saya ?

Sukses selalu melakukan hal yang mendasar frennnn
Prinsip Sukses selalu sederhana dan simpel

Masalahnya adalah Otak Manusia yang sering mengeblok dirinya sendiri, yang merasa tidak mampu, yang merasa tidak pantas, dan semua berujung ke rasa malas, tidak mau bertindak, tidak percaya, mau yang serba instan hehehehe

Selalu dalam Pembangunan Sebuah Mall atau Sebuah Apartemen kita selalu nanya ini mau membangun berapa tingkat? seberapa tinggi bangunan ini? seberapa megahnya?

Pernah gak frennn kita tanyakan seberapa kuat pondasi yang mendasari bangunan ini ?

Itulah Frennn Prinsip Kesuksesan seperti pondasi tsb, sederhana, simpel dan tidak kelihatan di permukaan namun itulah yang menguatkan bangunan diatasnya.

Happy Membangun Pondasi Sukses yang Kuat !
Be The Best ! Do The Best !

Semoga bermanfaat !

Sabtu, 11 Oktober 2014

Jangan Atur Waktu Anda !

Waktu adalah Abadi.
Waktu tidak akan menunggu kita
Waktu sangat Adil
Waktu selalu berjalan
Waktu adalah milik Tuhan Yang Maha Kuasa

Frennn

Sering sekali kita mendengar teman kita, bahkan saudara yang berteriak tentang Waktu.

Saya belum ada waktu lah
Ntar saya reschedule ulang waktu saya
Wahhh waktu saya habis hanya kena macet di jalan
Wahh tidak adil ini, waktu cepat berlalu namun kerjaan saya masih banyak.

Dan banyak lagi keluhan seputar waktu hehehe

Manusia semua diberikan waktu 24 jam, namun mengapa klo kita sama sama telusuri, ada yang sukses, ada yang setengah sukses hehehe, ada yang melarat, bahkan ada yang ngak ngapain2 hehehe alasannya waktu saya masih banyak, santai mannn  .... gubrakkkkk

Kalau ada teman sanak saudara family siapapun dia yang berani ngomong waktunya banyak, ayuk ajarkan orang tersebut menghitung sisa waktu hidupnya hehehehe

saya coba sharingkan disini :

Anggap Anda seorang anak muda usia 30 tahun.
Apakah Waktu Anda masih banyak ?

Saya bantu hitung :
Usia Manusia Indonesia paling sehat bisa sd usia 75 tahun

bila dikurangi 75 thn - 30 tahun maka sisa usia 45 Tahun.
Benarkah sisa usia Anda 45Tahun ?

Salah besar frennn
24 jam sehari waktu kita hanya dimanfaatkan utk benar benar produktif adalah sepertiganya alias hanya sekitar 8 jam

Jadi sisa hidup 45 tahun tsb harus dibagi 3, hasilnya adalah 15 tahun

Apakah anak muda dengan usia 30 tahun dan memiliki sisa waktu 15 tahun untuk hidup dan berkarya di dunia ini termasuk masih banyak waktu ?

I Don't Think Sooo hehehehe

Apalagi klo ternyata krn pola hidup dan kesehatan menurun maybe belum usia 75 tahun udh dipanggil "check in" ke Atas hehehehe

Soo harus bagaimana solusi agar bisa manfaatkan waktu yang sisa ini ?
Bagaimana mengaturnya supaya waktu kita bermanfaat dan produktif ?

Cara terbaik mengatur waktu adalah :
JANGAN MENGATUR WAKTU !

Hahhhh bingung khan ?
Yes saya tidak nulis salah.

Jangan Atur Waktu karena kita tidak bisa mengejar Waktu.
Tapi ada Namun nya frennnn  ....

ATURLAH PRIORITAS HIDUP ANDA !

Ketika Anda tahu apa Prioritas Anda, Apa Tujuan Anda hidup di dunia ini, Apa Impian Anda, dan Anda sangat enjoy berproses untuk mencapai Impian Anda maka seyogianya Anda sudah memanfaatkan Waktu dengan Maksimal.

Sooo Ketika banyak Aktivitas yang Anda lakukan, coba cek diri Anda.
Apakah ini sesuai Prioritas Hidup saya ?
Apakah ini sesuai dengan apa yang saya mau ?
Apakah saya lagi berjalan ke Impian saya ?





Bila semua jawaban YES !
maka Go Ahead Fren........

Gak usah mikirin omongan orang lain spt :

Wah Anak Muda ini bangun kesiangan melulu, mana bisa dia dpt rezeki
Wah Kasihan Ibu itu pagi2 sudah harus bekerja, sedang suami santai2 di rumah
Enak yah jadi si Andy, Jam 10 baru ke kantor, anak buahnya yang atur semuanya
Kok si Susi setiap hari cepat yah pulang dari kantornya, jam 4 udh di rumah.
Kok Pak Simon enak yah, seminggu hanya ada 2 kali ngantor, sisa entah di mana

TIDAK SEMUA ORANG PAHAM PRIORITAS HIDUP ANDA !
Anda cukup Senyum saja, Selesai Toh hehehehe

Selagi Anda bisa mempertanggung jawabkan hidup Anda dan tentunya PUNYA HASIL maka Go Ahead frennn !

Semoga bermanfaat !

Jumat, 10 Oktober 2014

Luangkan Waktu untuk Berpikir

" Aktivitas belum tentu adalah Produktivitas !"

Frennnn ...
Sering kali kita menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan, berbagai aktivitas dan karena kesibukan2 tsb lah menyebabkan Waktu seharian kita berjalan begitu cepat. Tidak terasa dari pagi buta sebentar lagi sudah malam dan waktunya beristirahat.

Apakah perputaran waktu yang demikian cepat dalam kehidupan kita merupakan hal yang baik ? Maybe hehehe

Maybe yes maybe no frennnn

Maybe YES bila Aktivitas yang anda lakukan adalah menuju Impian Anda but frennn coba test kembali apakah cara Anda melakukan aktivitas tersebut sudah tepat ? Apakah ada produktivitas dari aktivitas yang kita jalankan ?

Maybe NO bila Anda tidak melangkah lebih dekat ke Impian Anda. Mengapa tidak stop sebentar bila Anda merasakan sibuk seharian tp gak bergerak neh menuju Impian kita ?

Ada saya pendekatan yang bagus yang maybe bisa kita sama sama belajar dan berbagi.

Luangkan waktu untuk diri sendiri ! Luangkan waktu untuk berpikir !

Maksud dengan berpikir, Anda tidak diganggu siapapun, tidak diganggu apapun, benar benar duduk manis 1 sd 2 jam untuk berpikir, merancang kembali impian Anda, memikirkan kembali posisi Anda sekarang ada dimana, bagaimana kedepannya, apakah Anda sudah melakukan yang terbaik untuk mencapai Impian Anda, apakah Anda sudah menjadi lebih baik daripada sebelumnya, dan banyak lagi pertanyaan " apakah, bagaimana, mengapa, dll "

Seperti yang pernah dikatakan seorang filsuf dan ilmuwan terkenal, Albert Einstein bahwa " Pertanyaan Tepat haruslah selalu diajukan kepada diri sendiri, jangan khawatir dengan jawabannya "

Hal ini sangat benar adanya. Otak Bawah Sadar kita itu seperti perpustakaan yang besar, modern, canggih dan lengkap. Ketika Pertanyaan terus menerus diajukan secara konsisten, maka Otak Bawah Sadar akan segera mencari jawaban dan solusi,

Bila belum ada jawaban seketika, minimal "dia" akan menggerakkan Anda menuju tempat dimana ada jawabannya. Simple khan Frennn ?

sooo My Frennnn ....

Happy Thinking ! Happy to Reflecting Your Mind !
But jangan lupa Action bila sudah dapat jawabannya hehehehe

Semoga bermanfaat !

Kamis, 09 Oktober 2014

Keep Running Your Dream !

"Impian bukanlah hanya untuk diimpikan namun harus dikerjakan ! Bertindaklah !"

Rabu Sore Kemarin, saya mendapat satu bbm dari salah seorang rekan kerja di Kantor Pusat, " Pak saya pamit yah ! saya hari ini terakhir di kantor "

Yah memang Frenn ini sebelumnya sudah informasikan bahwa akan pamit di Oktober ini. Saya cuma jawab , " Pak Contact BBM saya jangan didelete yah, mana tahu ada "kang tao" saya bisa chatting an dengan Anda pak "

Jawaban yang sangat powerful adalah " Ok Keep The Dream Going On ! "

Kalimat ini sangat menyegarkan dan menyadarkan saya. Saya pikir ini satu hal baik yang perlu saya berbagi untuk kita semuanya.

Jaman Modern sekarang ini, semua diantara kita sudah tahu " Bagaimana harus bermimpi " atau " Berani bermimpi " karena tentu saja di jaman yang Motivator berjibun banyak dimana mana, Seminar Motivasi terus digaungkan dimana mana, terus buku buku positif banyak juga yang bermunculan, sepertinya kita semua tidak ada yang asing lagi dengan kata " DREAM "

Dan tentu saja banyak diantara kita sudah melakukan berbagai Tindakan, membuat Buku Impian, menempel foto foto impian Anda, atau bahkan sudah berbicara tentang impian Anda kesemua teman teman dan sanak saudara hehehhe

Tidak ada yang salah dengan bermimpi, karena memang itulah proses pertama kita dalam menapak puncak kesuksesan. Namun jangan lupa TahapSelanjutnya sudah menanti hehehe

Yaitu selain daripada merencanakan bagaimana cara mewujudkan mimpi kita, sesuai Power Statement diatas " Bagaimana Kita menjaga Impian kita ! " atau " Bagaimana kita konsisten melangkah ke impian kita ! " 

Konsisten itu tidak gampang frennn !

Saya pinjam kutipan dari seorang teman saya ketika beliau diundang berbicara di sebuah event acara motivasi. Beliau berujar " Apapun yang terjadi dalam hidup Anda, Bagaimanapun Proses Kesusahan dlm Kehidupan Anda, KEEP MOVE ON ! Anda yang bisa berlari, berlarilah, yang hanya bisa berjalan, berjalanlah, yang bisa terbang, terbanglah, yang bisa hanya mengesot (istilah kerennya) ngesotlah. "

Selagi kita tidak berhenti, Kita tidak KALAH !
PECUNDANG adalah orang yang terlalu cepat berhenti !

Sooo Keep Moving Frennn !
Raih Semua Impian Anda !

Happy Dreaming & Happy Keep Moving !


Rabu, 08 Oktober 2014

Competency or Contribution

" Anda tidak dinilai hanya dari Kompetensi Anda, namun juga Bagaimana Anda berKontribusi "

Kali ini frenn, saya merevisi artikel lama yang sudah pernah saya tulis, namun saya sesuaikan dengan kondisi Jaman Sekarang. (artikelnya saya tulis sewaktu Jaman Batu hehehe )

Karena saya melihat bahwa masalah ini cukup menjebak banyak Orang bahkan sampe Jaman Secanggih sekaran ini, baik Anda yang berlatar belakang sebagai Kalangan Pekerja / Profesional maupun Anda Pebisnis. Semoga bermanfaat ...

Kebanyakan dari diri kita beranggapan kalau untuk Berhasil, Sukses, Hidup Makmur dan Sejahtera maka haruslah menjadi Orang yang mempunyai Kompetensi Tinggi, Kemampuan Selangit, Skill yang hebat, Pergaulan yang Luas, Koneksi yang mendukung, dll banyak lagi. Namun ternyata banyak sekali hal yang tidak seperti yang dipersepsikan.

Saya baru mulai terkuak persepsi saya tentang Judul Artikel diatas ketika membaca sebuah Artikel Marketing belum lama ini disebuah Majalah Bisnis Terkenal di Indonesia. Pembahasannya juga sangat Sederhana sekali, Apakah Anda adalah Seorang yang mempunyai Kompetensi Tinggi ataukah Anda merupakan Seorang Kontributor yang Luar Biasa ?
Jadi saya tergelitik untuk belajar apakah itu arti Kompetensi dan Kontribusi. 

Jelas bahwa Kompetensi berhubungan dengan Pengetahuan dan Skill yang kita miliki namun Kontribusi berbeda. 

Kontribusi tidak berbicara Skill, Pengetahuan, Pengalaman, namun lebih berbicara tentang apa yang Anda bagikan atau kontribusikan ? Apakah bermanfaat bagi orang ? Apakah mempunyai Nilai Tambah ?

Sering kali, apalagi yang menjadi Karyawan selalu kita bertanya ke Perusahaan atau Boss Kita. Misalnya “ Pak, saya mempunyai Kemampuan Kompetensi yang tinggi, Lulusan Universitas yg bagus, Nilai yang bagus, dan juga sudah berpengalaman di bidang ini, mengapa Karier saya tidak meningkat secepat Karier Rekan Kerja saya yang mungkin Cuma lulusan SMU ? “

Atau Anda sebagai seorang Pebisnis, Pernahkah terpikir oleh Anda. Sebagai seorang Pebisnis yang maybe Anda punya Kompetensi yang Tinggi, benar benar serius di bidang Anda, but kok sepertinya banyak Pebisnis yang Sukses di bidang Anda, tidak semuanya punya Kompetensi Tinggi seperti Anda, bahkan banyak Pebisnis yang lulus SD aja tidak loh.... 

 Soo salahnya dimana ? Di Anda atau di Mereka hehehehe ?

Disinilah jebakan Kompetensi mulai bekerja frennnn, Kita dinilai bukanlah dari Apa yang menjadi Kompetensi Kita namun dari Seberapa Banyak yang bisa kita Kontribusikan ! 

Klo ceritanya sebagai Profesional, Kontribusi kita kepada Perusahaan, tapi bila ceritanya Anda Pebisnis, berarti Kontribusi Anda ke Pelanggan Anda !

Bila Punya Kompetensi bagus, Skill memadai, namun bila tdk berkontribusi maksimal maka Nilai Anda tidak cukup untuk Anda "lulus ujian" Kenaikan Tangga Kesuksesan hehehe

"People don't CARE how much you know until They know how much you CARE !"

Ini Statement yang sudah sangat lama, Tapi kok yah masih cukup berguna yah sampe sekarang hehehe

Maka dari itu, Ijinkan saya membagi beberapa Tips untuk kita semua sama sama belajar sbb :

1. Apakah saya seorang yang ber - Kompetensi Tinggi ?

2. Apakah saya juga seorang yang senang

3. Bila tidak maka Bagaimana saya memperbaiki diri saya ? Siapa Mentor saya ?

4. Bila Ya maka Apakah ada caranya agar saya bisa menularkan Semangat Berkontribusi ini kepada Rekan sekerja saya ( bila Anda profesional ) atau kepada karyawan saya ( bila Anda Pebisnis ) ?

Bila Empat Pertanyaan diatas bisa dijawab dengan baik maka Percaya atau Tidak, kita akan semakin mengenali diri kita sendiri dan selangkah demi selangkah menuju Tangga Kesuksesan yang lebih tinggi.
memberikan Kontribusi Maksimal kepada Perusahaan  / Pelanggan saya ?

Terima Kasih, Semoga bermanfaat !

Selasa, 07 Oktober 2014

Topeng Topeng Kepemimpinan

Haiii Guysss,

Sebuah Kemacetan adalah hal yang biasa terjadi di Kota Kota Besar, Demikian juga yang telah terjadi di kota Medan Tercinta. Namun Kemacetan kali ini membawa hikmah yang tidak biasanya.

Ijinkan saya bercerita frennn ....

Seperti Biasa Jam Kantor selesai, setelah beres beres berkas kerjaan, saya pun go home. Yahhh Like usually dan sudah diduga didepan kantor sudah mulai macet antrian mobil yang juga maybe banyak pekerja / karyawan sepeti saya yang lagi otw pulang ke rumah juga.

Jadi saya tidak terlalu ambil pusing, mulailah saya start engine mobil dan melaju di jalan raya. Biasanya klo kondisi macet, saya sorenya suka memutar lagu CD, soalnya keseharian di kantor telah bergelut dengan berbagai masalah, informasi, berita, gosip bisnis terhangat dll soo boleh donk agak santai hehehehe....  namun kali ini CD lagu tidak ada didalam player nya jadinya otomatis yang hidup adalah  radio.

Nah mulai ceritanya disini, Di salah satu Channel Radio Kesayangan saya, ada seorang Trainer yg hebat berbicara tentang Image Image ( Topeng Topeng ) Kepemimpinan. Ijinkan saya sharingkan disini pembahasan Trainer tsb sbb :

1. Topeng Ketegasan
Bila memang Anda Pemimpin yang Tegas silahkan jadi diri Anda apa adanya, namun bila Anda selalu memaksakan Image Anda adalah KETEGASAN maka Anda akan selalu otoriter dan menjauhi diri Anda dari Team2 yang Kreatif dan memberikan input2 positif utk Anda.

Mereka Takut Freennn hehehe belum kasih saran aja, maybe Anda sudah mau terkam mereka bila mereka beda pendapat dgn Anda.

2. Topeng Baik Hati
Bila Anda memang baik hati dan apa adanya its okay cuma jangan terjebak untuk menjadi selalu Baik Hati. Anda akan susah untuk bersikap TEGAS bila sesuatu terjadi.

Karena mau JAIM dan maunya Imagenya Baik Hati maka Anda akan selalu sengsara didalam kebaikan hati Anda. Apalagi Anda ketemu dengan Team yang memanfaatkan kebaikan hati Anda hehehehe

3. Topeng Banyak Ilmu
Ini juga Topeng yang sangat memboroskan energi Anda bila Anda jadi Pemimpin. Bila Anda senang dengan banyak ilmu, silahkan its okay but jangan JAIM sehingga Anda harus menguasai segala hal wakakakak.

Pemimpin yang terlalu Superior menguasai semua hal akan membuat Team Anda menjadi Inferior hehehe Karena tidak ada 2 org " Superman " khan frennn dalam dunia ini hehehehe

4. Topeng Sempurna
Ini juga sangat berbahaya, Sebuah Topeng Kepemimpinan yang beranggapan Anda sebagai Pemimpin adalah Orang yang Sempurna. Anda akan stress menjaga " KESEMPURNAAN " diri Anda hehehe.

Tidak ada yang perfect, bila Anda melakukan kesalahan, Akui dan Perbaikilah ! Jangan sampai ada anggota Team yg memanfaatkan Anda krn ingin " SEMPURNA " sehingga Anda bisa dihasut dan mementingkan semua cara agar terlihat " SEMPURNA " 

Sepertinya masih banyak Topeng Topeng Kepemimpinan, namun saya hanya ingat beberapa ini Frennn hehehe

Sooo Apakah sebagai Pemimpin, kita tidak perlu IMAGE ?

Perlu Frennnn,, Cuma Jadilah IMAGE Anda yang sebenarnya, Siapakah diri Anda, Bagaimana Anda bersikap, Apa nilai nilai yang Anda percayai selama ini, Bagaimana Anda bersosialisasi, Bagaimana Anda bekerja dan Memimpin Team Anda. Bagaimana kebiasaan Anda menghandle Masalah yang terjadi. Itulah Semua adalah Diri Anda yang sebenarnya Frennnn

Be True of Your Self !
Be Original !

Semoga Bermanfaat !
Salam Hebat Luarbiasa !

Senin, 06 Oktober 2014

Refreshing & Re-Energizing Again

Haiii Guyssss,

Selamat Hari Raya Idul Adha bagi teman teman Muslim,

Minggu kemarin juga saya isi dengan membawa keluarga tamasya ke Gunung, yah walaupun agak deg deg an karena ternyata katanya gunung tersebut ternyata beberapa mengeluarkan larva nya karena kelihatan di langit asap yang cukup tebal dan debu vulkanik yg lumayan tebal di mobil dan juga rumah rumah.

Its okay kok melenceng cerita tentang gunung sehh hehehe

Today saya mau sharingkan, Setiap manusia perlu waktu jeda untuk istirahat dan menyegarkan kembali pikiran dan tubuhnya, beberapa diantaranya dengan melakukan makan, nonton, membaca, bermusik dan juga tamasya.

Tentu terdengar klise yah klo toh semua orang sudah paham bahwa kita bukan lah robot bukan lah mesin dengan otak elektron dan tulang besi wakakak namun ternyata untuk refreshing itu sebenarnya ada filosofi yang mendasari nya .

Pernah kah Anda melihat atlit lompat jauh ? apa yang dilakukan atlit tersebut sebelum benar benar melompati bak pasir tsb ?

Mengambil ancang ancang frenn !

Seorang Atlit Profesional tahu klo dia mengambil ancang ancang yang cukup maka akan membantu dia untuk melompat lebih jauh, karena ada penambahan momentum kecepatan disana.

Dalam hidup ini mengambil ancang ancang juga sangatlah penting, itu lah refreshing yang sebenarnya. karena ada jeda momentum untuk istirahat sehingga biasanya banyak muncul ide ide kreatif setelah masa refreshing

Bukan kah untuk melompat harus mundur beberapa langkah utk melompat lebih jauh ?
Dan Bukankah untuk meninju harus tarik lengan agak kebelakang utk mengambil ancang ancang supaya tinjunya lebih kuat ?

Maka setelah Refreshing harusnya terjadi Re-Energizing !
Yaitu mengisi kembali baterai semangat kita untuk melanjutkan proses hidup selanjutnya.

Happy Refreshing and Happy to Re-Energizing Again !

Sabtu, 04 Oktober 2014

Sudah Tanggung neh.....

Haiii Guysss

Awalnya saya pikir hari ini saya akan absen dari menulis blog, kepingin santai dan menikmati weekend dengan tenang hehehe

Namun saya agak tergelitik dengan beberapa artikel yang saya baca beberapa hari ini, dan sepertinya menulis blog akan menjadi satu kebiasaan baru saya untuk sharingkan banyak inspirasi utk Anda Anda semua, juga bisa sebagai bahan diskusi kita hehehe

Satu Statement yang sangat kuat " Tujuan menguatkan Proses Pencapaian Anda menuju Impian Anda " Statement ini sangat Powerful frennn dan ini benar adanya. Coba Anda ikutin pemaparan saya ....

Bayangkan ketika sebuah sabtu pagi di rumah Anda, udara begitu sejuk dan ketika bangun tidur, Anda begitu asyik bermain game baru yang baru semalam dibeli ataupun lagi seru nonton film baru, dan tanpa Anda sadari waktu berlalu begitu cepat.

Nah mulai terdengar lah suara suara memanggil Anda untuk mandi hehehe klo Anda sudah berkeluarga mungkin pasangan Anda yg teriak, klo Anda masih Single bisa jadi bokap nyokap yang teriak wkaakak " woiiiii mandi woiiiiiii  .... "

Biasanya jawaban kita apa ?
" Bentar lagi sudah tanggung "

Nah didalam proses Anda mengejar Impian dan Cita cita juga mengalami hal yang sama, Bila Anda sudah jelas apak Tujuan Anda, Selalu ingatlah akan Tujuan tersebut karena Tujuan tsb akan menguatkan proses berjuang Anda mencapai Impian Anda.

Soo Bila ada yang teriak ke Anda " woooiiiii santai dulu, nikmati hidup dulu ..... "

Maybe Anda juga harus membalas
" Bentar yah udah tanggung, bentar lagi saya sudah mencapai Impian saya "

Selamat mencoba !\
Hebat Luarbiasa !

Jumat, 03 Oktober 2014

The Power of Dream

Haiii Guys...

Saya baru selesai membaca secuil dari sebuah buku klasik motivasi, Berpikir dan Berjiwa Besar. Buku yang udah teramat klasik namun selalu asyik dibaca karena yang diajarkan adalah Prinsip Universal.

Salah satu pembahasannya adalah Fokuskan diri Anda dalam mencapai Tujuan dan Impian Anda. Apapun yang bisa Anda Impikan, semuanya bisa dicapai. Kesuksesan bisa diraih bukan mampu atau tidak mampu, tapi Mau atau Tidak Mau.

Statement " Mau atau Tidak Mau " itu cukup menohok banyak orang hehehe kadang kala juga menohok kita sendiri. Banyak sekali Impian, Angan Angan, cita cita yang mau kita raih, hanya karena kemalasan manusia untuk melakukan TINDAKAN lah yang membuat Impian menjadi susah tercapai.

Berikut saya sharingkan beberapa Tips maybe membantu kita semua agar " TETAP ON TRACK " menuju Impian kita.

1. Impian harusnya detail dan jelas, bila perlu ada Visualnya supaya mudah membuat Anda teringat.
2. Impian haruslah punya muatan Emosi, Karena Emosi lah yang bisa "drive" kita dengan kuat untuk tetap fokus mencapainya
3. Impian haruslah diomongkan, diumumkan dan dikumandangkan ke semua orang wakakakak supaya mereka bisa saling mengingatkan Anda bila Anda jauh dari Tindakan mencapai Impian Anda hehehe
4. Impian tidak selalu identik dengan materi, dan tidak selalu harus besar, Impian yang benar adalah yang paling bermakna bagi Anda dan Keluarga Anda. Sehingga Anda memimpikan Impian Anda seperti Anda memimpikan Udara untuk bernafas.

Demikian sekelumit tentang The Power of Dream, namun percaya saya bahwa Prinsip ini benar adanya dan banyak orang telah mencapai Kesuksesan dengan berawal dari " BERANI BERMIMPI " 

Semoga bermanfaat !
Salam Hebat Luarbiasa !


Kamis, 02 Oktober 2014

The Big DATA Marketing

Hii Guys,

Today sharing saya dipicu oleh sebuah buku yang cukup bagus, yaitu : " The Big DATA Marketing "  yg ditulis oleh Lisa Arthur. Buku berbahasa inggris kadang kala memang agak susah ditelan hehehe namun gaya pembahasan dan tutur kata di buku tersebut lumayan mudah dicerna dan sering memakai bahasa sehari hari seorang " Marketer "

Saya mencoba sharing ringan yah hehehe klo suruh bedah buku mah dalam isinya hehehe bisa seharian berceritanya. Di Buku ini bercerita bahwa sekarang Jaman Big DATA sudah datang. Salah satu Fakta yang cukup mencengangkan saya adalah " Butuh 30 tahun utk connectkan 2 M penduduk dunia namun cukup butuh 8 tahun berikutnya untuk connectkan 2 M yg kedua "

Ini menceritakan kepada kita bahwa speed daripada data semakin lama semakin cepat, bila kita tidak jeli maka yang terjadi adalah percepatan bisnis dan perubahan dunia yang tidak kita sadari bisa merubah cara kita hidup, cara kita bersosialisasi, bahkan cara kita mencari nafkah.

Hal tersebut sudah mulai terjadi di jaman sekarang, Lihat saja Facebook sudah banyak dihinggapi toko toko online yang menjual produknya. Dan jangan terkejut kadang kadang bisnis toko online mereka yang di FB bisa mengalahkan penghasilan setiap bulan seorang karyawan yang kerja di kantoran.

Itulah salah satu penyebab mengapa di jaman sekarang mencari SDM yang bagus lebih susah didapatkan daripada jaman dahulu. yah kecuali perusahaan Anda menawarkan paket karier yang lebih baik daripada industri rata rata nya.

Salah satu contoh juga bahwa Teknologi dan Internet telah mengubah dunia, Anda bisa lihat sebuah Aplikasi Konsultasi Dokter yang heboh yang diciptakan utk membantu Anda yang sibuk dan tidak punya waktu ke dokter untuk konsultasi kesehatan ataupun juga sewaktu waktu alias darurat, hanya dengan calling ke telp online tsb, maka Anda akan terlayani oleh dokter yg profesional, 24 jam sehari loh. Bahkan resep obat seperti apa, gejala sakit nya seperti apa akan dipaparkan langsung oleh dokter bersangkutan dan ternyata biaya nya hanya potong biaya pulsa saja wakakakak

Nah buku ini menawarkan sebuah solusi atas terjadinya pelimpahan Data yang begitu besar, karena tidak semua perusahaan atau pebisnis mampu untuk mengolah data tsb. Solusi nya adalah Bagaimana kita mengintegrasikan Data Data yang ada, baik integrasi internal maupun eksternal dan bisa digunakan untuk menganalisa sehingga kedepannya kita bisa membuat blue print perusahaan yang lebih jelas dan juga program pemasaran yang lebih tepat sasaran utk konsumen kita.

Memang benar seperti yang dikatakan Bp, Hermawan Kartajaya, Bpk Marketing Indonesia di acara Markplus Conference 2014 bahwa " Tahun 2014 ini kita semua harus fokus dengan Konektivitas dan juga Kompetivitas kita"

Dunia akan semakin Flat dan semakin terkoneksi satu sama lain. Kekuatan Politik akan berubah menjadi Kekuatan Rakyat. Semakin tidak ada lagi yang namanya rahasia selama Anda tetap mau terhubung dengan dunia ini.

Bahkan Diprediksi dalam waktu dekat " Penduduk Dunia Maya "  akan melebihi jumlah dari " Penduduk Dunia Nyata "

Apakah Anda siap untuk Connect dan berkompetisi dengan warga dunia ?

Salam Hebat Luarbiasa !



Rabu, 01 Oktober 2014

Wanita perlu SUKSES !

Setiap Orang memainkan Peranan yang berbeda beda, Dan setiap Peranan adalah sama pentingnya dalam kehidupan ini. Tidak ada Peranan yang Tidak Penting.

Statement ini saya kemukakan sewaktu saya diundang menjadi Pembicara di Arisan Dharma Wanita Ibu2 Dosen IAIN oleh Ibu Dekan. Saya agak kebingungan untuk mencari Topik yang cocok untuk mereka, karena secara ekonomi, Ibu2 Dosen sekarang " not too bad lah " , segi karier mereka cukup ok kok, trus untuk keluarga, kesehatan dll 

Dan dari menggali itu semua saya ketemulah satu Topik yang bagus, yang sharingkan kenapa Seorang Wanita butuh menjadi SUKSES di jaman sekarang ini. Ijinkan saya sharing dalam kesempatan kali ini.

SUKSES bisa diartikan memang seorang Wanita Jaman Sekarang dituntut untuk bisa berhasil dan gemilang dalam berbagai segi kehidupan, juga bisa diartikan merupakan singkatan. 

S adalah Stamina.
Seorang Wanita harus bisa jaga kesehatannya, karena itu adalah Modal sekaligus Harta Terutama manusia untuk mencapai impian impian lainya.

U adalah Untung
Didalam Berumah Tangga, Seorang Wanita harus mampu menjadi layaknya CFO yg bisa menghandle keuangan bulanan keluarga walau kadang selalu kekurangan budget hehehe



K adalah Kerja
Apakah bekerja sebagai Profesional ataupun Berbisnis. Seorang Wanita perlu adanya Aktivitas tersebut utk selalu melatih diri dan memanfaatkan Potensi yang ada.

S adalah Stabil Emosinya
Wanita selalu diidentikkan sebagai Makhluk yang Emosional, Percaya saya, jaman sekarang lebih banyak Pria yang Emosional soo Wanita perlu Stabil

E adalah Enak dipandang
Bukan berarti Makanan yah hehehe, Seorang Wanita haruslah tetap merawat Diri dan menjadi Enak Dipandang 

S adalah Spiritual
Seorang Wanita juga haruslah kuat dalam Spiritual dan bukan hanya menjalankan Ritual Agama saja.

Dan bila Keenam Aspek tsb digabungkan maka sudah lengkaplah pemaparan mengapa seorang Wanita harus lah SUKSES. Karena Sukses yang sesungguhnya haruslah Sukses yang holistik !

Salam Hebat Luar Biasa !
Erwin