Senin, 02 Maret 2015

Mempromosikan Bisnis MLM Anda dengan 4 P !

The Main Thing is to keep “The Main Thing” The Main Thing by Steven Covey

Haiii Frennn,

Menjalankan sebuah bisnis MLM selalu merupakan sebuah gairah tersendiri, apalagi banyak masyarakat belum jelas membedakan mana yang "money game" dan mana yang MLM murni. Kegairahan terutama bisnis MLM juga terletak pada bagaimana mengatur (managing) manusia dan juga memimpin (leading) mereka (baca : para member) menuju Sukses Sejati.

Seyogianya bila ada yang bertanya, MLM itu bisnis apa ? Maybe gamblangnya bisa dijawab “Kami berbisnis dengan membangun jaringan manusia yang sevisi semisi dan memasarkan apapun produk dan jasa kami melalui jaringan tersebut“

Yes ! MLM adalah Bisnis Pengembangan Manusia, namun yah tidak senaif itu juga.

Memahami sebuah bisnis MLM yang kuat, juga bisa dilihat dari pilar pilar yang mendukung bisnis tersebut berdiri. Beberapa minggu lalu kita telah sama sama membahas tentang keseimbangan 3 elemen keuntungan. 

Kali ini kita membahas 4 Pilar pendukung suksesnya sebuah bisnis MLM, saya singkat dengan 4 P.

Kalau Anda seorang Marketers, pasti Anda tidak asing dengan Marketing Mix 4 P bukan ? Nah 4 P untuk bisnis MLM hampir mirip dengan fungsi 4 P di Marketing Mix dari bisnis konvensional. Tentunya detail nya cukup berbeda karena konsep bisnisnya juga berbeda.

Memahami 4 P ini juga adalah keharusan bagi semua insan pemain MLM seperti quote yang diucapkan almahum Steven Covey, Hal Terutama adalah mempertahankan “Hal Terutama” untuk tetap menjadi Hal Terutama. Dalam MLM bisa dikatakan 4 P inilah Hal Terutama.

4 P for MLM Business

P yang pertama adalah Perusahaan. Bisnis MLM yang kuat kokoh haruslah dilihat dari latar belakang perusahaan tersebut dan bagaimana historis perusahaan didirikan. Apakah merupakan perwakilan dari bisnis MLM di Negara asia lainnya atau amerika, eropa, dsbnya. Siapakah pemimpinnya, pengalamannya di MLM, sudah berapa lama perusahaan tersebut beroperasi di International dan Indonesia sendiri. Visi Misi Perusahaannya seperti apa, apakah MLM adalah Core Bisnisnya ataukah hanya merupakan bisnis sampingan dari Konglomerasi Bisnis lainnya yang tentu lebih besar.

Bila didetailkan maka bisa panjang x lebar untuk P yang pertama ini. Intinya bagaimana Anda nyaman dan merasa sreg dengan background perusahaan tersebut.

P yang kedua adalah Produk. Sehebat hebatnya system MLM dan Bonus yang tinggi bila tidak ditunjang oleh produk yang unik dan berkualitas maka tentu pasti tidak akan maksimal bisnis MLMnya. Salah satu esensi utama MLM adalah memasarkan produk lewat jaringan, yah dalam artian ini adalah produk dan jasa yang Anda tawarkan melalui MLM  Anda.

Unikkah produk Anda ? Mudah dijumpai di pasaran ? Berkualitas kah ? Harga produknya affordable gak ? dan bisa segudang pertanyaan seputar produk, tentunya Anda bisa lanjut bertanya sendiri tentang produk MLM Anda.

P yang ketiga adalah Plan. Arti dari plan disini adalah system pembagian bonus untuk membernya. Ujung ujungnya dari seseorang menggeluti MLM tentu adalah Bonus dan  Keuntungannya bukan ?

Anda bisa menggali beberapa pertanyaan spt ini : Apakah Plan Bonusnya cukup menguntungkan gak ? Bagaimana porsi pembagian keuntungan bagi yang level pemula, menengah dan level puncak ? Apakah ada pemaksaan untuk investasi atau membeli produk dalam jumlah banyak hanya agar capai sebuah peringkat ? Seberapa banyak leader leader yang telah mencapai posisi, peringkat, bonus dan penghasilan seperti yang dijanjikan Bisnis MLM Anda ? Anda bisa terusnya menggali sendiri tentang plan ini hehehe ….

P yang terakhir adalah Pelatihan. Bisnis MLM sarat akan tantangan dan penolakan, apalagi member MLM bisa berlatar belakang berbeda beda. Maka tentunya dibutuhkan system pelatihan yang bisa melatih para member supaya mampu bersaing di lapangan.

Nah pertanyaan yang perlu diajukan spt : bagaimana system pelatihan yang ada di bisnis MLM Anda ? Programnya konsisten gak ? Menjawab kebutuhan gak ? Sederhana gak untuk dipelajari ? berdampak gak ? dstnya ….

P ini ditaruh di terakhir namun merupakan kunci dari semua pengembangan bisnis MLM. Orang yang tidak dilatih maka tidak mempunyai skill dan orang yang kekurangan skill akan menjadi tidak produktif yang berujung kepada tidak tercapainya omset bisnis yang diharapkan.

Jadi sederhananya selalu ingat 4 P bila Anda kepingin menceritakan kehebatan bisnis MLM Anda. Pengalaman saya berkeliling ke berbagai daerah menunjukkan banyak member MLM tidak mampu menjelaskan kekuatan bisnis MLM nya dengan baik dan sistematis.

Saya contohkan satu cara untuk promosi dengan konsep 4 P ini sbb : Perusahaan kami adalah International dll …., Produk nya tentu berkualitas dan jarang ditemukan dipasaran karena ……, Plan kami sangat adil dan transparan loh, untuk level pemula saja bisa menghasilkan sd ………,  Pelatihan di bisnis MLM kami sangat komprehensif, banyak loh member yang berkembang kepribadian karena rutin mengikuti pelatihan kami …..

Anda bisa create sendiri yah cara promosikan MLM Anda dengan 4 P ini hehehe

What's about your MLM ?
Mudah mudahan bermanfaat bagi frennnn yang menjalankan MLM.

Minggu depan, kita akan mulai masuk ke ranah strategi pengembangan bisnis. Topik pertama " Mengapa jaringan saya di luar kota pada rontok semua "

Ini adalah pembahasan yang sangat seru dan juga karena selama lebih sepuluh tahun, saya banyak berkecimpung di divisi pengembangan bisnis MLM maka mudah2an artikelnya bisa membantu Anda, para penggiat MLM untuk lebih besar lagi bisnisnya dan menjadikan bisnis yang bermanfaat sebesar besarnya bagi member dan keluarga mereka.

Salam Hebat Luarbiasa !
Erwin Tanes

*Penulis adalah seorang mantan Senior Regional Manager di sebuah Perusahaan MLM terkemuka di Indonesia. Sekarang beliau aktif memberikan pelatihan dan seminar diberbagai instansi pemerintahan dan perusahaan. Beliau juga aktif menulis artikel dan buku terutama tentang pengembangan diri. Beliau bisa dihubungi di nomor 0812 609 4755

Tidak ada komentar:

Posting Komentar