Senin, 18 Mei 2015

Pemimpin seharusnya "Berdampak" dan "Menarik" !

"Leadership is All about influence" by John C Maxwell

Frenn kali ini kita lanjut membahas ciri khas Leader MLM yang Matang. selain daripada mempunyai prestasi yang terbukti dan juga mampu mengembangkan pemimpin berikutnya, satu hal yang sangat mendasar adalah Pemimpin haruslah berdampak dan menarik.

Berdampak bisa berarti punya effect, punya pengaruh, punya hasil, membawa perubahan, merubah menjadi lebih baik. Semua Pemimpin yang Ber Dampak adalah Pemimpin yang Revolusioner.

Kita bisa ambil contoh seorang almarhum PM Singapore, Mr Lee Kuan Yew, berapa besar dampak kepemimpinannya atas kemakmuran dari Negara Singapore.

Almarhum Presiden GusDur juga memberikan dampak luar biasa bagi pluralisme kebangsaan di Indonesia ini. Menteri Susi sebagai Pemimpin dari Kementerian Perikanan dan Kelautan juga membawa dampak luar biasa bagi Maritim Indonesia, walaupun penuh dengan kontroversial juga.

Atau mau ambil contoh, Walikota Bandung, Ridwan Kamil, Beliau juga adalah Walikota ter"Sakti" yang pernah saya dengar selama ini hehehe.

Demikian di bisnis MLM Frennn, Leader yang berdampak adalah yang bisa merubah, mengembangkan, memunculkan potensi dari semua pengikutnya, dan biasanya sering terlihat dari Pertumbuhan Bisnis, Jaringan, dan Omset dari group tersebut.

Sayangnya frenn banyak Leader MLM mengaku adalah Leader namun tidak semua berdampak, Masih banyak mereka yang berpersepsi yang salah ketika saya mencapai peringkat bisnis ini atau itu, maka saya akan disebut Leader dan dihormati dimanapun berada.

Itu salah besar frennn, Leadership is not position, is about action !

Anda mungkin dihormati namun semata mata karena prestasi bisnis Anda dan bukanlah Prestasi Kepemimpinan Anda. Perlu diperjelas,

Prestasi Bisnis tidak sama dengan Prestasi Kepemimpinan. Seorang Pemimpin yang Berprestasi pastilah bisnisnya juga berprestasi. Seorang Pebisnis yang berprestasi belum tentu adalah Pemimpin yang berprestasi.

Leader selain berdampak haruslah menarik. Menarik disini bukan berarti hanya fisik penampilan yang menarik, cantik atau gantengnya seseorang, bukan itu frennn. Menarik disini dimaksudkan Leader tsb sangat gampang memicu orang orang untuk datang berkerumunan di mana pun dia berada.

Ada sesuatu kharisma, wibawa, pembawaan yang tidak didapatkan dari orang biasa biasa. Leader tersebut kadang kala seperti madu, dimana beliau berada, akan diperebutkan oleh kumbang, lebah bahkan semut juga ikut berkompetisi agar senantiasa dekat dengan leader tsb.

Berkharisma, Menarik, Berdampak, itu semua tidak bisa dicontek atau duplikasi frennnn, Kualitas kualitas Leader tersebut bisa ada dan tercipta karena Proses Kepemimpinan yang kuat, stabil, terasah, teruji, oleh waktu dan keluar dari Kepribadian dan Karakter Sang Pemimpin bersangkutan.

Nah yang bisa diduplikasi dan diajarkan adalah Proses Kepemimpinan itu, Jadi tidaknya kita menjadi Pemimpin yang Baik yahhhh tergantung Pribadi kita kembali.

Seperti yang pernah digaungkan Ki Hadjar Dewantara, Tut Wuri Handayani, Memberikan Dorongan (Motivasi) ketika kita dibelakang. Statement ini sebenarnya sangat tepat dipakai di dunia pendidikan. Seorang Guru seyogianya melihat keluar biasaan dari setiap anak muridnya, walaupun murid2 tsb memiliki talenta yang berbeda beda (bisa pelajari 8 kecerdasan anak)

Soo Seorang Pemimpin di Bisnis MLM jugalah harus mampu melihat keluar biasaan dari downline downline nya dan selalu memotivasi dan mendorong mereka untuk maju. Nahhh sebelum Anda mampu mendorong dan memotivasi mereka, maka diri Anda terlebih dahulu harus "Menarik dan Berdampak"

Disitulah hubungannya kenapa harus berdampak dan menarik frennn. Leader yang berkualitas akan senantiasa mengikuti Pemimpinnya yang lebih Sukses, karena kualitas menarik kualitas atau burung sejenis akan terbang bersama sama.

Semoga bermanfaat !

Erwin Tanes
www.thesuccessmessenger.com

*Penulis adalah seorang mantan Senior Regional Manager di sebuah Perusahaan MLM terkemuka di Indonesia. Sekarang beliau aktif memberikan pelatihan dan seminar diberbagai instansi pemerintahan dan perusahaan. Beliau juga aktif menulis artikel dan buku terutama tentang pengembangan diri. Beliau bisa dihubungi di nomor 0812 609 4755


Tidak ada komentar:

Posting Komentar