Rabu, 08 Oktober 2014

Competency or Contribution

" Anda tidak dinilai hanya dari Kompetensi Anda, namun juga Bagaimana Anda berKontribusi "

Kali ini frenn, saya merevisi artikel lama yang sudah pernah saya tulis, namun saya sesuaikan dengan kondisi Jaman Sekarang. (artikelnya saya tulis sewaktu Jaman Batu hehehe )

Karena saya melihat bahwa masalah ini cukup menjebak banyak Orang bahkan sampe Jaman Secanggih sekaran ini, baik Anda yang berlatar belakang sebagai Kalangan Pekerja / Profesional maupun Anda Pebisnis. Semoga bermanfaat ...

Kebanyakan dari diri kita beranggapan kalau untuk Berhasil, Sukses, Hidup Makmur dan Sejahtera maka haruslah menjadi Orang yang mempunyai Kompetensi Tinggi, Kemampuan Selangit, Skill yang hebat, Pergaulan yang Luas, Koneksi yang mendukung, dll banyak lagi. Namun ternyata banyak sekali hal yang tidak seperti yang dipersepsikan.

Saya baru mulai terkuak persepsi saya tentang Judul Artikel diatas ketika membaca sebuah Artikel Marketing belum lama ini disebuah Majalah Bisnis Terkenal di Indonesia. Pembahasannya juga sangat Sederhana sekali, Apakah Anda adalah Seorang yang mempunyai Kompetensi Tinggi ataukah Anda merupakan Seorang Kontributor yang Luar Biasa ?
Jadi saya tergelitik untuk belajar apakah itu arti Kompetensi dan Kontribusi. 

Jelas bahwa Kompetensi berhubungan dengan Pengetahuan dan Skill yang kita miliki namun Kontribusi berbeda. 

Kontribusi tidak berbicara Skill, Pengetahuan, Pengalaman, namun lebih berbicara tentang apa yang Anda bagikan atau kontribusikan ? Apakah bermanfaat bagi orang ? Apakah mempunyai Nilai Tambah ?

Sering kali, apalagi yang menjadi Karyawan selalu kita bertanya ke Perusahaan atau Boss Kita. Misalnya “ Pak, saya mempunyai Kemampuan Kompetensi yang tinggi, Lulusan Universitas yg bagus, Nilai yang bagus, dan juga sudah berpengalaman di bidang ini, mengapa Karier saya tidak meningkat secepat Karier Rekan Kerja saya yang mungkin Cuma lulusan SMU ? “

Atau Anda sebagai seorang Pebisnis, Pernahkah terpikir oleh Anda. Sebagai seorang Pebisnis yang maybe Anda punya Kompetensi yang Tinggi, benar benar serius di bidang Anda, but kok sepertinya banyak Pebisnis yang Sukses di bidang Anda, tidak semuanya punya Kompetensi Tinggi seperti Anda, bahkan banyak Pebisnis yang lulus SD aja tidak loh.... 

 Soo salahnya dimana ? Di Anda atau di Mereka hehehehe ?

Disinilah jebakan Kompetensi mulai bekerja frennnn, Kita dinilai bukanlah dari Apa yang menjadi Kompetensi Kita namun dari Seberapa Banyak yang bisa kita Kontribusikan ! 

Klo ceritanya sebagai Profesional, Kontribusi kita kepada Perusahaan, tapi bila ceritanya Anda Pebisnis, berarti Kontribusi Anda ke Pelanggan Anda !

Bila Punya Kompetensi bagus, Skill memadai, namun bila tdk berkontribusi maksimal maka Nilai Anda tidak cukup untuk Anda "lulus ujian" Kenaikan Tangga Kesuksesan hehehe

"People don't CARE how much you know until They know how much you CARE !"

Ini Statement yang sudah sangat lama, Tapi kok yah masih cukup berguna yah sampe sekarang hehehe

Maka dari itu, Ijinkan saya membagi beberapa Tips untuk kita semua sama sama belajar sbb :

1. Apakah saya seorang yang ber - Kompetensi Tinggi ?

2. Apakah saya juga seorang yang senang

3. Bila tidak maka Bagaimana saya memperbaiki diri saya ? Siapa Mentor saya ?

4. Bila Ya maka Apakah ada caranya agar saya bisa menularkan Semangat Berkontribusi ini kepada Rekan sekerja saya ( bila Anda profesional ) atau kepada karyawan saya ( bila Anda Pebisnis ) ?

Bila Empat Pertanyaan diatas bisa dijawab dengan baik maka Percaya atau Tidak, kita akan semakin mengenali diri kita sendiri dan selangkah demi selangkah menuju Tangga Kesuksesan yang lebih tinggi.
memberikan Kontribusi Maksimal kepada Perusahaan  / Pelanggan saya ?

Terima Kasih, Semoga bermanfaat !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar