Kamis, 02 Oktober 2014

The Big DATA Marketing

Hii Guys,

Today sharing saya dipicu oleh sebuah buku yang cukup bagus, yaitu : " The Big DATA Marketing "  yg ditulis oleh Lisa Arthur. Buku berbahasa inggris kadang kala memang agak susah ditelan hehehe namun gaya pembahasan dan tutur kata di buku tersebut lumayan mudah dicerna dan sering memakai bahasa sehari hari seorang " Marketer "

Saya mencoba sharing ringan yah hehehe klo suruh bedah buku mah dalam isinya hehehe bisa seharian berceritanya. Di Buku ini bercerita bahwa sekarang Jaman Big DATA sudah datang. Salah satu Fakta yang cukup mencengangkan saya adalah " Butuh 30 tahun utk connectkan 2 M penduduk dunia namun cukup butuh 8 tahun berikutnya untuk connectkan 2 M yg kedua "

Ini menceritakan kepada kita bahwa speed daripada data semakin lama semakin cepat, bila kita tidak jeli maka yang terjadi adalah percepatan bisnis dan perubahan dunia yang tidak kita sadari bisa merubah cara kita hidup, cara kita bersosialisasi, bahkan cara kita mencari nafkah.

Hal tersebut sudah mulai terjadi di jaman sekarang, Lihat saja Facebook sudah banyak dihinggapi toko toko online yang menjual produknya. Dan jangan terkejut kadang kadang bisnis toko online mereka yang di FB bisa mengalahkan penghasilan setiap bulan seorang karyawan yang kerja di kantoran.

Itulah salah satu penyebab mengapa di jaman sekarang mencari SDM yang bagus lebih susah didapatkan daripada jaman dahulu. yah kecuali perusahaan Anda menawarkan paket karier yang lebih baik daripada industri rata rata nya.

Salah satu contoh juga bahwa Teknologi dan Internet telah mengubah dunia, Anda bisa lihat sebuah Aplikasi Konsultasi Dokter yang heboh yang diciptakan utk membantu Anda yang sibuk dan tidak punya waktu ke dokter untuk konsultasi kesehatan ataupun juga sewaktu waktu alias darurat, hanya dengan calling ke telp online tsb, maka Anda akan terlayani oleh dokter yg profesional, 24 jam sehari loh. Bahkan resep obat seperti apa, gejala sakit nya seperti apa akan dipaparkan langsung oleh dokter bersangkutan dan ternyata biaya nya hanya potong biaya pulsa saja wakakakak

Nah buku ini menawarkan sebuah solusi atas terjadinya pelimpahan Data yang begitu besar, karena tidak semua perusahaan atau pebisnis mampu untuk mengolah data tsb. Solusi nya adalah Bagaimana kita mengintegrasikan Data Data yang ada, baik integrasi internal maupun eksternal dan bisa digunakan untuk menganalisa sehingga kedepannya kita bisa membuat blue print perusahaan yang lebih jelas dan juga program pemasaran yang lebih tepat sasaran utk konsumen kita.

Memang benar seperti yang dikatakan Bp, Hermawan Kartajaya, Bpk Marketing Indonesia di acara Markplus Conference 2014 bahwa " Tahun 2014 ini kita semua harus fokus dengan Konektivitas dan juga Kompetivitas kita"

Dunia akan semakin Flat dan semakin terkoneksi satu sama lain. Kekuatan Politik akan berubah menjadi Kekuatan Rakyat. Semakin tidak ada lagi yang namanya rahasia selama Anda tetap mau terhubung dengan dunia ini.

Bahkan Diprediksi dalam waktu dekat " Penduduk Dunia Maya "  akan melebihi jumlah dari " Penduduk Dunia Nyata "

Apakah Anda siap untuk Connect dan berkompetisi dengan warga dunia ?

Salam Hebat Luarbiasa !



Tidak ada komentar:

Posting Komentar