Selasa, 13 Januari 2015

Manusia yang sebenar benarnya !

"Si Tou Timou Tumou Tou"
"Manusia Hidup untuk Memanusiakan Manusia yang lainnya"

Sam Ratulangi, seorang Pahlawan Bangsa yang menyerukan ucapan ini, sangat menghentak dan menggetarkan sanubari kita semua terutama untuk Orang Sulawesi dan Manado khususnya.

Sewaktu dulu berdinas, saya sering mengunjungi Kota Manado, dan tulisan tsb selalu menghiasi Bandara di Manado bahkan menggunakan Nama Pahlawan tsb sebagai Nama Bandara yaitu Bandara Sam Ratulangi.

Saya bukan ahli sejarah juga bukanlah orang Manado, namun dari beberapa Kliping dan Cerita Sejarah tentang Tokoh ini yang membuat saya terkagum kagum. Sekolah di Luar Negri, mendapatkan pendidikan terbaik di luar sana, namun tetap mengingat "bangsa"nya yang sedang terpuruk di Indonesia.

Memiliki kecerdasan diatas rata rata, banyak orang dimasa tsb menyayangkan mengapa beliau tidak melanjutkan menjadi Dokter malahkan berkeinginan menjadi Guru Ilmu Pasti di Universitas Amsterdam tahun 1915. Melanjutkan sekolah kembali di Swiss dan mendapatkan Gelar Doktor di Universitas Zurich tahun 1919.

Namun akhirnya kembali ke Indonesia dan berjuang bersama Pahlawan Pahlawan Bangsa yang lain untuk memerdekakan Indonesia. Tragisnya Hidup Beliau berakhir di tahanan di Jakarta karena melawan Agresi Militer Belanda yg kedua.

Seorang Sam Ratulangi merupakan seorang pahlawan sejati, meninggalkan kenyamanan untuk masa depan bangsa yang lebih baik.

Di dunia hanya ada satu orang Sam Ratulangi, tidak ada lagi yang lainnya. Namun semangatnya, daya juangnya, keperduliannya, dan kecintaan akan tanah air Indonesialah yang perlu kita teladani. Bukan hanya itu, namun nilai sejarahnya patut diceritakan dan digaung gaungkan untuk generasi muda penerus bangsa. Bahwa di jaman dahulu, ada seorang pahlawan kemerdekaan yang bernama "Sam Ratulangi"

Wahai anak anak muda Indonesia ! Jadilah Sam Ratulangi berikutnya !
Jadilah Pahlawan bagi Keluarga Anda !
Si Tou Timou Tumou Tou !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar