Kamis, 22 Januari 2015

Sederhana dalam bertutur kata, Santun dalam bergaul, Sukses dalam berbisnis.

"Orang Sukses selalu kelebihan satu cara, Orang Gagal selalu kelebihan satu alasan"

Kemarin lalu saya baru berkunjung ke rumah seorang teman lama di wilayah Sunggal, sebuah daerah kecil yang ditempuh sekitar 30 menit lah dari pusat kota Medan. Teman lama ini telah menjadi Mitra Usaha di perusahaan lama saya berkarier. Sewaktu 4 tahun yang lalu, ketika saya ditugaskan di Jakarta, saya sempat lost contact dengan teman ini.

"Tempat Anda bagus yah, usaha pendidikan les private anda juga berkembang baik"

Yahh, teman saya ini sudah beralih profesi menjadi Guru Les Private dan membuka kelas di rukonya di daerah Sunggal. Sebuah usaha yang banyak orang masih memicingkan sebelah mata karena maybe banyak orang masih merasa bukanlah usaha yang menjanjikan, bukan bisnis yang profesional, ataupun bisnis yang bisa dibanggakan.

Persepsi banyak orang sebenarnya salah tentang usaha ini. Usaha Les Private ini merupakan salah satu cikal bakal dari usaha pendidikan yang mempunyai pangsa pasar besar sekali, bisa saja kalau berkembang menjadi buka sekolah, buka les atau kursus yang lebih formal dan memberikan sertifikasi kelulusan kepada anak muridnya.

"Terima kasih pak, yah inilah yang saya tekuni belakangan ini dengan istri saya."

Itu jawaban dari teman lama saya dengan penuh kerendahan hati. Kalau boleh jujur saya berkata, teman lama saya ini terhitung sukses dalam usahanya, apalagi bila kita bandingkan dengan orang lain seusia beliau. Hal ini terlihat dengan jelas dari banyaknya anak muridnya yang les di sana.

Saya kenal beliau sudah cukup lama, bila dihitung sudah sekitar 8 sd 9 tahun yang lalu. Dari dulu memang saya sudah mempunyai feeling bahwa anak ini bakalan sukses. Bukan dilihat dari kepintarannya, bukan juga kemampuan bicaranya, bukan juga karena latar belakang keluarganya.

Namun yang terutama sikap positifnya dan sikap rajin yang selama ini ditunjukkan beliau semasa masih aktif di bisnis lamanya. Beliau merupakan sosok pemuda yang aktif, bersemangat dan tidak pernah menyerah dalam menjalankan bisnisnya. Nyata nyatanya beliau telah memupuk hasil dari semua perjuangannya selama ini.

Setelah balik dari berkunjung ke rumah teman lama tsb, saya semakin merenung dan mendapati bahwa kebenaran pada statement ini "Sukses tidaknya seseorang sangat tergantung sikapnya dalam menjalankan hidup ini"

Sangat sederhana dan simpel namun perlu integritas dalam menjaga sikap kita supaya tetap positif dan pantang menyerah.

Sederhana dalam bertutur kata, Santun dalam bergaul, Sukses dalam berbisnis !

Yuk sama sama kita belajar Etos Bekerja tsb !
Semoga bermanfaat !


Tidak ada komentar:

Posting Komentar