The Main Thing is to keep “The Main Thing” The Main
Thing by Steven Covey
Haiii Frennn,
Menjalankan sebuah bisnis MLM selalu merupakan sebuah
gairah tersendiri, apalagi banyak masyarakat belum jelas membedakan mana yang "money game" dan mana yang MLM murni. Kegairahan terutama
bisnis MLM juga terletak pada bagaimana mengatur (managing) manusia dan juga memimpin
(leading) mereka (baca : para member) menuju Sukses Sejati.
Seyogianya bila ada yang bertanya, MLM itu bisnis apa
? Maybe gamblangnya bisa dijawab “Kami berbisnis dengan membangun jaringan
manusia yang sevisi semisi dan memasarkan apapun produk dan jasa kami melalui
jaringan tersebut“
Yes ! MLM adalah Bisnis Pengembangan Manusia, namun
yah tidak senaif itu juga.
Memahami sebuah bisnis MLM yang kuat, juga bisa
dilihat dari pilar pilar yang mendukung bisnis tersebut berdiri. Beberapa
minggu lalu kita telah sama sama membahas tentang keseimbangan 3 elemen
keuntungan.
Kali ini kita membahas 4 Pilar pendukung suksesnya sebuah bisnis MLM, saya singkat dengan 4 P.
Kali ini kita membahas 4 Pilar pendukung suksesnya sebuah bisnis MLM, saya singkat dengan 4 P.
Kalau Anda seorang Marketers, pasti Anda tidak asing
dengan Marketing Mix 4 P bukan ? Nah 4 P untuk bisnis MLM hampir mirip dengan
fungsi 4 P di Marketing Mix dari bisnis konvensional. Tentunya detail nya cukup
berbeda karena konsep bisnisnya juga berbeda.
Memahami 4 P ini juga adalah keharusan bagi semua insan
pemain MLM seperti quote yang diucapkan almahum Steven Covey, Hal Terutama
adalah mempertahankan “Hal Terutama” untuk tetap menjadi Hal Terutama. Dalam
MLM bisa dikatakan 4 P inilah Hal Terutama.
4 P for MLM Business
P yang pertama adalah Perusahaan. Bisnis MLM yang kuat kokoh haruslah dilihat dari latar
belakang perusahaan tersebut dan bagaimana historis perusahaan didirikan.
Apakah merupakan perwakilan dari bisnis MLM di Negara asia lainnya atau
amerika, eropa, dsbnya. Siapakah pemimpinnya, pengalamannya di MLM, sudah
berapa lama perusahaan tersebut beroperasi di International dan Indonesia
sendiri. Visi Misi Perusahaannya seperti apa, apakah MLM adalah Core Bisnisnya
ataukah hanya merupakan bisnis sampingan dari Konglomerasi Bisnis lainnya yang
tentu lebih besar.
Bila didetailkan maka bisa panjang x lebar untuk P
yang pertama ini. Intinya bagaimana Anda nyaman dan merasa sreg dengan
background perusahaan tersebut.
P yang kedua adalah Produk. Sehebat hebatnya system MLM dan Bonus yang tinggi bila
tidak ditunjang oleh produk yang unik dan berkualitas maka tentu pasti tidak
akan maksimal bisnis MLMnya. Salah satu esensi utama MLM adalah memasarkan
produk lewat jaringan, yah dalam artian ini adalah produk dan jasa yang Anda
tawarkan melalui MLM Anda.
Unikkah produk Anda ? Mudah dijumpai di pasaran ?
Berkualitas kah ? Harga produknya affordable gak ? dan bisa segudang pertanyaan
seputar produk, tentunya Anda bisa lanjut bertanya sendiri tentang produk MLM
Anda.
P yang ketiga adalah Plan. Arti dari plan disini adalah system pembagian bonus untuk
membernya. Ujung ujungnya dari seseorang menggeluti MLM tentu adalah Bonus
dan Keuntungannya bukan ?
Anda bisa menggali beberapa pertanyaan spt ini : Apakah
Plan Bonusnya cukup menguntungkan gak ? Bagaimana porsi pembagian keuntungan
bagi yang level pemula, menengah dan level puncak ? Apakah ada pemaksaan untuk
investasi atau membeli produk dalam jumlah banyak hanya agar capai sebuah
peringkat ? Seberapa banyak leader leader yang telah mencapai posisi,
peringkat, bonus dan penghasilan seperti yang dijanjikan Bisnis MLM Anda ? Anda
bisa terusnya menggali sendiri tentang plan ini hehehe ….
P yang terakhir adalah Pelatihan. Bisnis MLM sarat akan tantangan dan penolakan, apalagi
member MLM bisa berlatar belakang berbeda beda. Maka tentunya dibutuhkan system
pelatihan yang bisa melatih para member supaya mampu bersaing di lapangan.
Nah pertanyaan yang perlu diajukan spt : bagaimana system
pelatihan yang ada di bisnis MLM Anda ? Programnya konsisten gak ? Menjawab
kebutuhan gak ? Sederhana gak untuk dipelajari ? berdampak gak ? dstnya ….
P ini ditaruh di terakhir namun merupakan kunci dari
semua pengembangan bisnis MLM. Orang yang tidak dilatih maka tidak mempunyai
skill dan orang yang kekurangan skill akan menjadi tidak produktif yang
berujung kepada tidak tercapainya omset bisnis yang diharapkan.
Jadi sederhananya selalu ingat 4 P bila Anda kepingin
menceritakan kehebatan bisnis MLM Anda. Pengalaman saya berkeliling ke berbagai
daerah menunjukkan banyak member MLM tidak mampu menjelaskan kekuatan bisnis
MLM nya dengan baik dan sistematis.
Saya contohkan satu cara untuk promosi dengan konsep 4
P ini sbb : Perusahaan kami adalah International dll …., Produk nya tentu
berkualitas dan jarang ditemukan dipasaran karena ……, Plan kami sangat adil dan
transparan loh, untuk level pemula saja bisa menghasilkan sd ………, Pelatihan di bisnis MLM kami sangat
komprehensif, banyak loh member yang berkembang kepribadian karena rutin
mengikuti pelatihan kami …..
Anda bisa create sendiri yah cara promosikan MLM Anda
dengan 4 P ini hehehe
What's about your MLM ?
Mudah mudahan bermanfaat bagi frennnn yang menjalankan
MLM.
Minggu depan, kita akan mulai masuk ke ranah strategi
pengembangan bisnis. Topik pertama " Mengapa jaringan saya di luar kota pada rontok semua "
Ini adalah pembahasan yang sangat seru dan juga karena
selama lebih sepuluh tahun, saya banyak berkecimpung di divisi pengembangan
bisnis MLM maka mudah2an artikelnya bisa membantu Anda, para penggiat MLM untuk
lebih besar lagi bisnisnya dan menjadikan bisnis yang bermanfaat sebesar
besarnya bagi member dan keluarga mereka.
Salam Hebat Luarbiasa !
Erwin Tanes
Tidak ada komentar:
Posting Komentar