Senin, 09 Maret 2015

Mengapa jaringan saya di luar kota pada rontok semua ?

"Networking is more about "farming" than it is about "hunting". It is about cultivating relationships" by Dr Ivan Misner

Haii Frennn ?

Seringkah Anda menghadapi kondisi seperti ini ? Sudah sering Anda membangun jaringan keluar kota, sudah banyak investasi yang Anda habiskan disana, sudah ketemu leader yang cocok dan aktif menjalankannya, produk Anda sudah diterima di masyarakat tersebut, namun usaha dan semua yang Anda bangun mendadak rontok dalam hitungan bulan, baik omset maupun jaringan, bahkan mungkin leader yang Anda elu elukan malah pindah ke bisnis MLM lainnya .. (sakitnya tuh disini hehehe )

Saya sering berjumpa dan sharing dengan Leader MLM yang mengeluhkan hal tersebut. Kebanyakan diantara mereka adalah Leader yang Berkomitmen, Pekerja Keras, dan Positif. Namun kok seakan akan kondisi bisnis di luarkota tidak selalu berpihak kepada mereka.

Untuk menelusuri sebab akibat nya baiknya saya sharingkan satu perangkat (tools) yang sangat berguna untuk sesiapapun Anda didalam mengembangkan jaringan ke luar kota. Mudah mudahan sedikit banyaknya Anda memiliki Guide Line sehingga tidak melulu mengandalkan hanya "Semangat" saja dalam menjalankan bisnis ini karena MLM adalah Bisnis Profesional frennn soo Anda harus kelola secara profesional juga.

Sebuah Bisnis MLM bisa masuk ke sebuah daerah harus melihat dari 3 point kerangka berbisnis dalam menyusun strategi bisnis MLM itu sendiri yaitu : Program yang Jelas, Team yang Tepat, dan Sistem Kontrol yang Teruji. Ketiganya sengaja saya tuliskan berurutan karena memang sistematisnya begitu dan tidak bisa dibalik balikkan.

Seperti Quote yang ditulis Dr Ivan Misner, seorang Network Marketing Guru di Dunia yang mengatakan, Networking lebih kepada farming daripada hunting. Jadi frenn jangan berharap bermain hit and run (biasanya itu tabiat pemain MONEY GAME)

Kita bukan seorang pemburu, Kita adalah Petani. Saya tegaskan lagi, "Pemain MLM murni adalah Petani."

Dan Petani memerlukan proses  untuk menghasilkan hasil pertanian yang baik. Proses tersebut mencakup spt : Proses pemilihan bibit, proses menanam, proses merawat, proses menuai, dll soo ada tahapan sistematis proses yang tidak bisa semena mena dilompatin hehehe ( tepuk jidat masing masing, dan katakan ... "Kita ini Petani ..... Jangan berharap hasil instan ..." )

Menjelaskan ketiga point ini bisa menjadi sebuah pembahasan seru yang maybe menghabiskan waktu 7 hari 7 malam frennn hehehe. Tentunya kali ini kita kupas satu persatu, saya hanya cerita point yang pertama dulu.

Program yang Jelas.

Point ini dijadikan yang pertama karena seyogianya ketika Anda memasuki sebuah daerah baru untuk mengembangkan MLM Anda, maka Anda harus sudah mulai berpikir, Program Apa yang akan saya tawarkan ? Apakah saya masuk dulu dengan Program Bisnisnya ? Apakah Produk Kesehatan saya ? Atau Produk Kecantikan ? Ataukah Motivasi ? Atau kah ...... ( Anda isi selanjutnya yah hehehe )

Beberapa MLM pemula tidak memiliki banyak program ataupun kategori produk sehingga mereka biasanya mengandalkan satu "jurus" untuk membuka lahan baru. Bisakah berhasil ? Bisa saja kalau saja "satu jurus" itu tepat menjawab kebutuhan masyarakat setempat sehingga mereka berbondong bondong masuk ke MLM tsb. Namun yah jangan terlalu naif dan berpikir bahwa "satu obat" untuk semua jenis penyakit hehehehe

Kalau Bisnis MLM Anda memiliki beberapa Program unggulan dan juga Kategori Produk yang cukup luas maka patut berbahagialah Anda karena Peluang Anda semakin besar didalam membuka lahan baru, tentu yah harus dibarengi hal hal lain juga seperti kerja keras, komitmen, memilih Team yang tepat, dll yang akan saya jelaskan di next artikel.

Program yang Jelas mempertegas Fokus !

Untuk memahami Program yang Jelas maka sebaiknya Anda memiliki beberapa Team Inti yang melakukan Trial kecil kecilan di daerah tersebut, lebih baik lagi kalau Team Inti Anda merupakan Orang Lokal Setempat karena lebih memahami permasalahan di daerah tersebut.

Disinilah kebijakan lokal diperlukan, Anda tidak bisa serta merta membawa standard Anda ketika membangun wilayah baru apalagi ngotot hehehe. Memang di MLM dibutuhkan Antusias dan Semangat, namun itu tidak cukup lagi di jaman sekarang frennn ... Dibutuhkan juga Strategi dan ilmu mengelola team (ini bisa jadi satu topik tersendiri "Leading VS Managing" hehehe next time lah kita sharingkan yang ini) Ingatlah Pepatah ini, "Think Global Act Local !"

Banyak hal unik yang terjadi sepengalaman saya puluhan tahun di industri MLM ini. Ada wilayah yang ketika Anda masuki harus melalui Sesepuh (senior) disana, Ada juga wilayah yang anti kalau Anda belum apa apa sudah cerita uang diawal pertemuan, ada pula justru yang tidak basa basi dan langsung nanya "gue dapat apa?" dan soo banyak lagi hehehe

Saran saya Trial kecil2an bisa Anda lakukan dalam waktu 1 sd 3 bulan. Setelah itu aturkan sebuah meeting mastermind group kecil2an untuk membahas hal tersebut dan menajamkan fokus dan memperjelas program yang akan dijalankan. Ada baiknya bila Anda melibatkan pihak Management MLM tsb ( pihak perusahaan )

Di beberapa perusahaan MLM, ada kok management nya yang senang dilibatkan dalam membahas program pengembangan daerah dengan leader2nya. Memang sih ada juga perusahaan MLM yang cuek bebek dan cuek itik bila diundang diskusi membahas strategi pengembangan daerah hehehe ... Namun yah saya pikir tidak menjadi halangan bagi Anda, karena bukankah Bisnis MLM ini adalah Bisnis Anda sendiri ?


Nah setelah programnya jelas maka wajib disosialisasikan ke all team terkait. Disinilah peranan penting Anda sebagai Pemimpin, bagaimana menjelaskan Program tersebut dan memperjelas fokus, target, sasaran yang mau dicapai didaerah tersebut. Dan juga yang tidak kalah penting adalah menginspirasikan mereka agar mau bertindak (bukankah salah satu tugas besar pemimpin adalah menciptakan visi dan memperjelas fokus). Ingatlah sebuah pepatah mengatakan "Clarity is Power".

Beberapa ciri ciri Program yang Jelas :
1. Program tsb bisa membantu masyarakat didaerah tsb.
2. Program tsb sederhana untuk dijelaskan, dipahami dan bisa dijalankan.
3. Program tsb tidak melanggar adat budaya di daerah tsb.
4. Program tsb memiliki urgensitas tinggi artinya harus memicu mereka bertindak.
5. Program tsb harus memiliki periode waktu (saran saya 1 sd 2 tahun)

Dan selain yang diatas semua, dibutuhkan Sikap Hati yang "Konsisten" dari seorang pemimpin. Walaupun diawal awal program, belum menunjukkan hasil memuaskan, lakukan terus menerus, konsisten, bila perlu segera sharing, diskusi, dan memperbaiki program menjadi lebih baik.Konsisten berapa lama ? yah seminimal selama Program tsb berlangsung ( 1 sd 2 tahun )

Bila Anda tidak memiliki hati untuk konsisten selama itu maka saya sarankan jangan buka wilayah baru karena akan sia sia saja. Karena pengalaman berbicara, butuh proses waktu antara 1 sd 2 tahun untuk benar benar bisa mendidik seorang leader daerah menjadi mandiri, sevisi misi dengan kita, berkompeten dan berkarakter.

Maka mudah mudahan dengan Program yang Jelas, semua Team Inti Anda memiliki visi misi sama, pemahaman yang sama, dan juga fokus yang sama didalam membangun bisnis MLM di wilayah baru tersebut.

Semoga bermanfaat ....

Next artikel kita akan sama sama sharingkan point kedua, Team yang Tepat !

Salam Hebat Luar Biasa !

Erwin Tanes

*Penulis adalah seorang mantan Senior Regional Manager di sebuah Perusahaan MLM terkemuka di Indonesia. Sekarang beliau aktif memberikan pelatihan dan seminar diberbagai instansi pemerintahan dan perusahaan. Beliau juga aktif menulis artikel dan buku terutama tentang pengembangan diri. Beliau bisa dihubungi di nomor 0812 609 4755





Tidak ada komentar:

Posting Komentar