Kamis, 14 Mei 2015

Perbedaan Fundamental Bisnis MLM dibanding Bisnis Lain dan Anda (Leader) wajib TAHU !

"Orang Rata Rata mencari Kerja, sedangkan Orang Kaya membangun Jaringan" by Robert T Kiyosaki

Frennn Pengalaman saya di bulan lalu ketika diundang memberikan pelatihan di sebuah perusahaan asuransi ternama di Indonesia membuat saya merenung sejenak. Bisnis Asuransi, budayanya, nuansanya, spiritnya, targetnya, percakapan sesama leadernya, bahkan musiknya juga sangat identik dengan budaya di Bisnis MLM.

Maybe bedanya diproduk yang dijual saja, Asuransi menjual proteksi untuk dana pendidikan, kesehatan, jiwa, masa pensiun, dll sebagainya sedangkan MLM lebih banyak berkutat di produk yang lebih nampak fisiknya seperti Supplemen Kesehatan, Perawatan Kecantikan, Fashion, dll walaupun ada beberapa MLM juga memasarkan produk teknologi sebagai produk utamanya.

Saya mendapati bahwa keunikan sebuah bisnis tidaklah serta merta bisa dipertahankan terus menerus di jaman sekarang yang serba canggih. Apa yang bagus di sebuah industri pasti akan segera dicontek oleh industri lainnya. Kita sudah masuk ke Jaman Keterbukaan, memang sih ada yang namanya Hak Cipta atau apapun sebutannya, namun tidak bisa sepenuhnya menghalangi orang lain untuk mencontek konsep bisnis yang kita jalankan.

Ijinkan saya share beberapa keunikan Industri MLM yang ternyata juga dijalankan Industri lainnya.

MLM itu menghimpun member.

Banyak Departemen Store juga sudah menjalankan program membernya sebagaimana layaknya bisnis MLM. Belanja dengan nominal tertentu maka mendapatkan point Membernya,  dan bila dikumpul dalam periode tertentu bisa ditukarkan dengan  voucher, produk, bahkan ada yang menukarkan dengan jalan jalan gratis keluar negri.

MLM itu identik dengan Support System

Industri asuransi juga menggunakan Support System dalam satu dasawarsa belakangan ini, yang notabene dulunya istilah Support System hanya terkenal di kalangan Pebisnis MLM.

Marketing ataupun Broker Property juga menggunakan Support System sekarang sekarang ini didalam mengajarkan staff pemasar pemulanya didalam menjual property mereka.

MLM memotong Jalur Distribusi

Sekarang ini banyak pabrikan (produsen) yang juga direct memasarkan produknya dan juga memotong jalur distribusi. Contoh saja, Pabrikan Otomotif terbesar di Indonesia memasarkan produknya melalui cabang cabang yang dibuka di daerah daerah (dulunya hanya lewat dealer2 di daerah)

Demikian juga bisnis Asuransi yang dulu dulunya hanya dipasarkan lewat jalur Agency, selama puluhan tahun kebelakangan ini sudah mulai membuka pasar baru dengan memasarkan lewat jalur Bank.

Ada sebuah Moment Penting di industri asuransi yang heboh, dimana Leader Leader Asuransi yang terbentuk lewat Agency mengeluh dan melakukan protes ke perusahaan asuransinya karena perusahaan asuransi tersebut membuka jalur pemasaran lewat bank yang terkenal dengan sebutan produk bancassurance yah ? (maaf bila salah istilahnya, soalnya bukan profesional di asuransi hehehe)

Para Agen Asuransi merasa tidak dihargai karena perusahaan sudah direct menjual produk asuransi melalui bank, yah walaupun produk asuransi yang dijual tidak sama persis.

MLM bisa mensukseskan semua orang dari latar belakang yang berbeda beda.

Industri lain semisal Asuransi, Property maupun Saham juga banyak melahirkan orang orang sukses dari berbagai latar belakang yang berbeda beda. Tidak butuh Ijasah, hanya kemauan keras dan patuh terhadap sistem, itu juga yang sekarang digembar gemborkan bisnis dari industri lain.

Soo What ? Perbedaan bisnis MLM dibanding bisnis lainnya ?

Jadi sebenarnya pembeda yang paling jelas itu apa yah frennn ?

Produk bisa dicari yang mirip kualitasnya, Support System bisa dicontek, Business Plan bisa dijiplak juga kok, hehehehe

Pembeda terjelas adalah "MLM membangun JARINGAN" 

Bisnis lain ada sih mengikuti program membership MLM, atau member get member, namun mereka kebanyakan hanya bermain di lapisan awal saja, tidak benar benar memahami yang dimaksud dengan "JARINGAN" ? 

Industri Lain bisa mencontek dan menjiplak apapun konsep di MLM yang bagus untuk mereka namun satu hal yang pasti, mereka tidak bisa mencontek atau membajak jaringan Anda. Karena Jaringan Anda adalah terdiri dari manusia yang mempunyai hati, darah dan daging dimana mereka secara sukarela bergabung, berkomunitas dan berhubungan dengan Anda (sebagai sponsorship mereka)

Maka layak disebut Aset Anda sebagai Pemain MLM adalah JARINGAN dan Anda sebagai Pebisnis didalamnya disebut "PEBISNIS JARINGAN".

Jaringan bisa terbentuk karena adanya sekelompok komunitas manusia yang memiliki visi misi yang sama, tujuan hidup dan impian untuk sukses sehingga mereka patuh dengan Leader dan menjalankan support system yang terbukti berhasil menduplikasikan sistem kerja dengan konsisten. Tujuan akhir mereka adalah beroleh FREEDOM



Pendapat Pribadi saya bahwa beberapa Esensi MLM itu ada dikalimat atas frennn ... Yah namanya Pendapat Pribadi, boleh setuju boleh tidak frenn

Saya perjelas di bawah ini :

JARINGAN - KOMUNITAS - MANUSIA - VISI MISI SAMA - TUJUAN HIDUP & IMPIAN - PATUH - LEADER - SUPPORT SYSTEM - DUPLIKASI - SISTEM KERJA - KONSISTEN - FREEDOM

Soo bila pebisnis yang hanya kepingin uang banyak, rumah mewah, mobil canggih, jalan keluar negri gratis maka diluaran sana banyak bisnis yang bisa menawarkan hal tsb

Bila Pebisnis yang kepingin semua yang diatas, ditambah mau berhubungan, berkomunitas, bergabung di Pola Hidup yang Berkualitas, suka dengan pengembangan diri, dan mau benar benar Freedom maka Bisnis MLM bisa menjadi solusi untuk mereka.

Selamat Berbisnis MLM Frennn !

Salam Hebat Luar Biasa !

Erwin Tanes
www.thesuccessmessenger.com

*Penulis adalah seorang mantan Senior Regional Manager di sebuah Perusahaan MLM terkemuka di Indonesia. Sekarang beliau aktif memberikan pelatihan dan seminar diberbagai instansi pemerintahan dan perusahaan. Beliau juga aktif menulis artikel dan buku terutama tentang pengembangan diri. Beliau bisa dihubungi di nomor 0812 609 4755






Tidak ada komentar:

Posting Komentar