Rabu, 24 Juni 2015

Belajar Nilai Nilai bisnis MLM dari Singapore !

"Belajar boleh dari sesiapapun, ambil positivenya, modifikasikan, dan aplikasikan kembali untuk Pribadi Kita semua untuk menjadi Lebih Baik !" By Erwin Tanes

Hai Frennn ,

Sudah lama gak bersua, karena kesibukan memberikan pelatihan dan berkeliling kemana mana hehehe, kali ini saya mau sharingkan sedikit pengalaman saya ketika melakukan travelling di Singapore.

Kebetulan saya mengikuti Program yang dibuat sebuah Support System bisnis MLM yang terkemuka di Indonesia, dimana saya hadir sebagai Pengamat diluar dari Sistem tsb. Saya sangat beruntung karena diijinkan ikut nimbrung dan menjadi bagian dari Program tsb, walaupun hanya sebagai seorang Pengamat saja.

Program tersebut bukanlah Program Travelling yang biasa, karena yang berhak mengikuti Program tsb adalah Member Member MLM yang telah Qualified persyaratan tertentu yang diharuskan Support Systemnya. Awalnya saya terpikir yah Program jalan jalan pasti begini2an aja, seperti Travelling Biasa, namun kali ini sungguh berbeda dan luar biasa.

Perbedaan yang jelas adalah para member membernya diberikan kesempatan belajar langsung di lapangan, bagaimana melihat peta, bagaimana naik MRT, bagaimana memahami jalur Rute Bus, dan bila dicermati dengan baik, semua mengandung nilai nilai pelajaran yang tidak ternilai.

Jadi semacam "Pelatihan OutBound Khusus" selama beberapa hari namun OutBound nya di kehidupan nyata.

Seperti perkataan dari Top Leader Support System tsb, " Belajar tidak melulu harus di kelas, dengan Travelling malahan member saya bisa belajar lebih banyak, belajar dari aktivitas dan dari kehidupan nyata negara lain "

Soo Apa yang bisa kita pelajari dari Singapore ? Ini adalah penilaian pribadi saya, bila tidak berkenan, maafkan daku, bila senang, silahkan share ke teman teman yah hehehe

SYSTEM

Singapore adalah Negara SYSTEM. Ini sangat terlihat dari Transportasi Umum yang digunakan, Anda mau kemana saja, asalkan masih terjangkau Bus atau MRT, maka Anda akan sampai di sana.

Setiap Halte bus sudah diatur sedemikian rupa sehingga walaupun tujuan Anda tidak terlalu dekat dengan halte bus namun Anda juga tidak perlu berjalan terlalu jauh untuk menjangkaunya.

Pelayanan umum juga sudah sangat efisiensi karena System yang dibangun telah teruji dan dilakukan penyempurnaan demi penyempurnaan supaya masyarakat Singapore semakin nyaman. Mereka diharuskan patuh dengan SYSTEM. (baca: TEACHABLE) 

DISIPLIN

Singapore adalah Negara yang sangat DISIPLIN. Kelihatan dari kebersihan, ketepatan waktu, dan banyak sekali. Salah satunya adalah dari langkah langkah pejalan kaki yang berjalan di Stasiun MRT. Semuanya bergerak dan berjalan super cepat, tentunya karena mereka sudah mengetahui arah tujuan mereka. (baca : TUJUAN mereka sudah JELAS)

Kedisiplinan mereka juga membuat semua peraturan, informasi, pelayanan, bisa dijalankan dengan baik oleh semua lapisan masyarakat (baca: ter DUPLIKASI kan dengan baik). Memang sih ada beberapa daerah yang kurang disiplin namun overall bisa dikategorikan Disiplin.

SDM yang Kompetitif

Tidak ada apapun di Singapore yang merupakan kekayaan alam bagi negara mereka. Satu satunya yang mereka miliki hanyalah Manusia. Namun dikarenakan mereka sadar POSISI mereka ada dimana, dan apa yang terpenting untuk mereka kembangkan, maka mereka sangat komitmen dan intensif untuk mengembangkan SDM mereka.

Mereka percaya hanya dengan SDM yang bernilai dan kompetitif maka kekurangan sumber daya alam dari negara mereka tidak akan menjadi kelemahan mereka. Singapore juga sangat menjunjung tinggi penghargaan (baca: PINTAR EDIFIKASI) terhadap seorang atlit.

Ini terlihat nyata dari dalam MRT di Singapore. Di Kaca Kaca MRT tersebut tertempel stiker yang berwajahkan setiap Atlet Atlet Singapore yang ikut bertanding di Sea Games 2015, lengkap dengan Wajah Mereka, Nama, Atlet bidang mana, dan wilayah tinggal dimana.

Dengan Penghargaan Negara yang sedemikian tinggi terhadap atlit yang bertanding, maka jangan heran, Sea Games yang lalu, Singapore meraih juara nomor 2, hanya kalah dari Thailand. Singapore pintar menghargai rakyatnya yang berprestasi.

Sebenarnya cukup banyak yang bisa dipelajari dari Singapore but saya terpikir ini tiga yang utama frenn hehehe.

Bila sama sama kita cermati, apa yang kita pelajari dari Singapore itu sebenarnya bisa diterapkan dalam bisnis MLM dari teman teman sekalian. Bukankah percaya System, Edifikasi, Disiplin, dan Fokus kepada SDM, itu adalah Nilai Nilai yang seharusnya ada di bisnis MLM kita semua ?

Apa yang dipelajari dari Singapore bisa kita terapkan dan kembangkan di Indonesia frennn khususnya di Bisnis MLM Anda. Ingat freennn Indonesia memiliki Jumlah Penduduk yang menggiurkan untuk bisnis MLM.

Soo segera bertindak dan See You at The Top ! Semoga bermanfaat !

Erwin Tanes
*Penulis adalah seorang mantan Senior Regional Manager di sebuah Perusahaan MLM terkemuka di Indonesia. Sekarang beliau aktif memberikan pelatihan dan seminar diberbagai instansi pemerintahan dan perusahaan. Beliau juga aktif menulis artikel dan buku terutama tentang pengembangan diri. Beliau bisa dihubungi di nomor 0812 609 4755







1 komentar:

  1. Luar biasa Pak Erwin Tanes, berbagi ilmunya, saya yakin sangat bermanfaat kepada masyarakat umum bahwa MLM murni itu menyenangkan

    BalasHapus