Rabu, 10 Juni 2015

System, Produk atau Program Marketing ? Manakah yang harus diprioritaskan Leader MLM ?

"Prioritas bisa diambil ketika kita melihat berbagai sudut pandang berbeda dan berani memutuskan yang terutama dari yang utama" by Erwin Tanes

Haiii Frennn Artikel kali ini berbicara tentang Prioritas antara System, Produk dan Program Marketing. Disini sering muncul dilema dilema, misleading yang tercipta, misunderstanding yang berlarut larut dan akhirnya menghambat kinerja bisnis MLM Anda.

Sebelum kita bercerita tentang Cara Memilih Prioritas, ada baiknya kita membahas definisi dan tujuan dari masing masing komponen.

Support System

Tentu berdasarkan asal katanya saja, Kita bisa menebak definisinya yaitu sebuah sistem yang mendukung bisnis MLM Anda. Sistem disini bisa dibagi sistem pertemuan, pelatihan kepemimpinan, maupun sistem penghargaan.

Tujuan Support System (bila Anda berani berpendapat) hanyalah satu yaitu Duplikasi. Komponen lainnya hanya pelengkap saja frenn. Sebuah System bisa disebut System kalau bisa diduplikasikan dan menghasilkan pemimpin baru di dalam bisnis MLM.

Support System biasanya didirikan oleh Top Leader MLM nya agar mempermudah Leader didalam melatih, membina, mensupervisi, dan mengembangkan pemimpin berikutnya. Namun ada juga beberapa perusahaan MLM yang menciptakan Support Systemnya sendiri, dimana para Top Leader akan duduk sebagai dewan penasehat, dan yang membantu proses eksekusi sistem adalah staft staff yang digaji perusahaan MLM tsb.

Jebakan Program Support System

Sering kali karena punya pandangan dan kepentingan yang berbeda dengan manajemen bisnis MLM, maka banyak Top Leader merumuskan Program Sistem yang kadang kala cukup kaku dan tidak fleksibel dengan perkembangan jaman. Leader Leader tersebut terjebak dalam fanatisme yang berlebihan sehingga tidak bisa melihat peluang peluang lain dan kemungkinan kemungkinan lain untuk memperlengkap Program System yang dijalankan.

Ada juga sihh Top Leader yang cukup intens berhubungan dengan Management Bisnis MLM nya sehingga program system yang diluncurkan bisa seirama dengan program program perusahaan. Seirama bisa juga berarti meminjam momentum sehingga tidak terlalu berat dan memboroskan sumber daya ketika menjalankan program systemnya.


Program Produk

Tujuan dari Program tersebut tentulah memperkenalkan produk bisnis MLM nya dengan sebaik mungkin, dan mengharapkan penjualan yang meningkat dari tahun ke tahun sehingga Leader Leader MLM juga merasakan penghasilan yang besar dari penjualan tsb.

Disini pengkategorian produk sangatlah penting, cukup aneh kadang kala saya melihat produk dari perusahaan MLM yang saling meng "kanibal" produknya sendiri. Disinilah sangat diperlukan intuisi bisnis yang tajam sehingga produk produk yang diluncurkan adalah memiliki pasar tersendiri dan potensi market yang masih besar (market belum jenuh)

Contohnya untuk produk meningkatkan imunisasi tubuh, kadang kala sampai ada beberapa jenis produk yang fungsinya mirip mirip. Mungkin pemikiran Management Bisnis MLM nya, daripada pasar saya dimakan kompetitor, baiknya saya makan sendiri lagi dengan produk baru yang mirip hehehe

Jebakan Program Produk

Jebakan dari Produk sering terjadi disaat peluncuran produk baru. Momentum dan saat yang tepat meluncurkan sebuah produk baru sangatlah penting, bisnis MLM adalah bisnis jaringan, dimana sangat menggantungkan omset perusahaan dari penjualan member membernya.

Bila peluncuran produk baru tsb tidak melalui proses diskusi, seleksi atau jajak pendapat lewat Top Top Leader, biasanya produk baru tersebut kurang mendapat dukungan leader leader dan seakan akan Management MLM tsb memasarkan sendiri ke member membernya.

Program Marketing

yaitu sejenis Program untuk mempromosikan bisnis MLM, produk, dan kadang kala digandeng dengan adanya campaign jalan jalan keluar negri. Tujuan Program Marketing sangat beragam, tergantung dari moment nya dan situasi kondisi yang terjadi.

Ada Program Marketing yang bertujuan menaikkan jumlah new member, ada yang bertujuan menambah bonus penghasilan leadernya, ada yang juga untuk mensukseskan produk baru yang dilaunching. Semua sah sah saja frennn yang penting program tsb tidak bertentangan dengan program system dan juga menjaga timing momentum nya dengan program produk.

Jebakan Program Marketing

Anda bisa terjebak bila bisnis Anda akan bergerak maju kalau hanya selalu mengharapkan booster atau campaign campaign marketing. Apalagi campaign yang diciptakan semakin menjauhkan Anda dari Program System yang sedang Anda jalanin sekarang ini.

Bagaimana menentukan Prioritas ?

Perusahaan MLM sering saya umpamakan adalah seperti Restoran Nasi Padang. Coba Anda bayangkan, bila memasuki Restoran Padang, ada apa apa saja yang tersajikan untuk Anda ? Banyak bukan ? Ada Gulai Kepala Ikan, Sambal Ikan, Dendeng Balado, Ayam Pop, Ayam Bakar, Cumi Goreng, Telor, dll wah wah wah jadi lapar neh frenn hehehe

Kalau Anda nanya ke karyawan restoran, makanan apa yang enak disana, kira kira Anda dapat jawaban apa ? hehehe "Semua enak tentunya !"

Tugas Anda adalah jeli melihat kondisi Anda sendiri, dan memilihkan menu makanan yang paling cocok dengan Anda, memang sesekali Restoran tsb menawarkan "Menu Baru" yah silahkan Anda coba dan rasakan enak atau tidak hehehe

Demikian Frennn dalam Anda menanggapi dan menentukan prioritas, Program System, Program Produk atau Program Marketing ? Tidak ada yang bisa berdiri sendiri, Anda harus mengkombinasikan dan mencari formula yang tepat untuk Group Anda.

Misalnya Anda sedang fokus menjalankan Program System dengan konsisten, mendadak muncul produk baru yang cukup menarik bagi Anda, dan ternyata waktu bersamaan diluncurkan juga campaign marketing yang menggiurkan.

Maka Anda harus berani memikirkan kembali, Program system yang saya jalankan akan lebih maju gak yah bila saya mempromosikan produk baru ini ? Terus selain daripada semua member member saya fokus jalankan program system, apakah campaign marketing ini membantu gak yah untuk mempercepat kesuksesan bisnis saya ? Bagaimana caranya saya mengedukasi member member saya agar tetap pada jalurnya di program system, namun mereka tetap bisa memanfaatkan momentum produk baru dan juga campaign marketing yang dikeluarkan perusahaan ?

Bila Anda menitik beratkan kepada bisnis jangka panjang dan kepingin passive income maka saran saya, Program System adalah yang harus diprioritaskan. Produk Baru dan Program Marketing haruslah mendukung Program System Anda !

Bila tujuan berbisnis Anda hanya menginginkan keuntungan langsung yang besar, maka Anda bisa fokus dengan Program Produk dan Program Marketing yang sedang berlangsung. Karena tentu saja yang namanya Program Produk ataupun Campaign Marketing, itu adalah bersifat season atau musiman dan biasanya menawarkan keuntungan langsung yang besar.

Pesan saya cuma satu frennn :
Pintar pintar mengambil Momentum namun bisnis Anda tidak boleh terjebak "Menunggu Momentum !"

Semoga bermanfaat !

Erwin Tanes
*Penulis adalah seorang mantan Senior Regional Manager di sebuah Perusahaan MLM terkemuka di Indonesia. Sekarang beliau aktif memberikan pelatihan dan seminar diberbagai instansi pemerintahan dan perusahaan. Beliau juga aktif menulis artikel dan buku terutama tentang pengembangan diri. Beliau bisa dihubungi di nomor 0812 609 4755

1 komentar: