Jumat, 18 Maret 2016

Mau jadi Pengusaha ? Action donk !

Senang sekali saya di session terakhir kelas kuliah minggu lalu. Kebetulan saya dipercayakan membawakan kelas Entrepreneurship di sebuah kampus Medan.

Senangnya saya bukannya dapat hadiah dadakan, bukan pula dapat lotere, uppss sorry lotere sudah gak ada di Indonesia yah hahaha, bukan pula diwawancarai oleh TV Stasiun Swasta hehehe

Senangnya saya karena anak anak didik saya mulai berproses dan menerapkan apa yang diajarkan di kelas untuk dipakai berbisnis. Sebelumnya saya mempersiapkan beberapa session kelas untuk mengajarkan konsep konsep dasar berbisnis. Nah sekarang yang utamanya, yaitu berbisnis !

Ada yang mau bisnis kuliner Kimbab ( Sushi nya orang korea ), ada yang bisnis kuliner Doenat Gaoel, donut yang berkarakter dan dengan topping yang nyeleneh, ada pula yang mau dagang parfum saja, ambil dari grosir dan memasarkan ke teman temannya.

Apapun bisnisnya No Problem, itulah yang saya tegaskan ke anak anak, yang pasti adalah Action ! Bertindak !


"Seribu Lie dimulai dari sebuah langkah kecil" inilah yang saya ajarkan kepada anak anak mahasiswa, sesuai dengan contekan saya membaca kutipan orang bijak wakakakak

Jangan mikirin terlalu detail tentang sistem keuangannya, sdm nya, atau produksi nya. Bukan tidak boleh mempersiapkan itu semua, namun yang terpenting adalah Lakukan dan Lakukan. Segala yang tidak baik dan tidak sempurna akan berproses dan pelan pelan akan diperbaiki dan disempurnakan frenn.

Nah minggu depan session saya adalah mendengarkan apa yang telah mereka lakukan seminggu dalam berbisnis. Ada trouble dimana, bagaimana seharusnya, kendala apa saja, barangnya laku terjual gak, dll dan dll hehehe. Soo beberapa pertemuan kedepan saya dengan mereka yahhh hanya sharing sharing beginian frennn.

Yah itu semua karena berbisnis susah diajarkan, harus mereka terjun sendiri. Mengajarkan orang berenang juga susah teorinya namun klo cemplung ke air dan mulai berenang, kok sepertinya mudah yah hahaha

Mau ajarkan anak bahwa cabai itu sebenarnya pedas, gampang frennn kasih aja makan dikit cabai nya hahaha, ketika kepedasa, nahhh itu nak namanya pedas hehehe

Nah kalau mau jadi Pengusaha ? ya sudah cemplung aja berbisnis, lakukan dan lakukan saja. Jangan terlalu banyak teori, praktek dulu hehehe ntar teori baru kita tuliskan dalam buku biografi kita setelah kita sukses berbisnis. Setuju ???

Tidak ada komentar:

Posting Komentar