Selasa, 30 Desember 2014

Only Focus on Your Values !

"When Wealth is Lost, Nothing is Lost; When Health is Lost, Something is Lost; When Character is Lost, Everything is Lost" by Billy Graham

Hai Freennn
Jumpa kembali setelah sekian lama vakum menulis.

Kali ini saya terpicu untuk menulis kembali disela sela kesibukan saya menyiapkan project baru saya untuk tahun 2015. Seorang teman baik saya tiba tiba bbm saya, karena sebelumnya beliau sudah tahu, saya akan buat project apa di 2015.

"Pak, lue napa gak mau ikut training di kota xyz, yang itu loh, trainer nya mengajar tentang hipnoterapi juga, memang biaya mahal, tapi sepertinya bagus dan cocok untuk project lue. Lue khan mau jalankan bisnis pelatihan, yah hitung hitung lue bisa lakukan hipnoterapi kepada peserta pelatihan lue"

Jawab saya ke teman tsb, "Bagus seh pak, ilmu hipnoterapi kalau dipelajari dan diterapkan, namun sepertinya tidak sesuai dengan nilai saya deh pak hehehe"

Saya tidak salahkan teman saya yang menawarkan pelatihan tersebut karena apa yang menjadi nilai beliau mungkin berbeda dengan apa yang menjadi nilai saya. Lagian beliau tidak berniat bergerak di bisnis pelatihan karena menjalankan bidang bisnis yang berbeda dengan saya.

Memang seh kala belajar hipnoterapi dan nantinya bisa menghipnotis peserta pelatihan berarti kita bisa mempengaruhi mood peserta dan juga interestnya mereka sehingga pelatihan yang saya bawakan bisa lancar lancar saja.

Hipnoterapi adalah sebuah ilmu yang sangat bagus kalau digunakan untuk orang yang kecanduan sesuatu, mau mengubah kebiasaan buruknya sehingga tidak melanjutkan kebiasaan tsb. Namun dalam konteks menghipnotis peserta pelatihan agar nurut dan menjadikan kelas pelatihan lancar sepertinya bukan gue banget hehehe. Keinginan saya adalah para peserta pelatihan akan alamiah untuk menjalankan proses belajar bersama saya.

Setiap orang mempunyai nilai yang berbeda beda. Tidak ada yang bisa beranggapan nilai saya lebih baik dari nilai anda karena masing2 dari kita menjalankan hidup yang berbeda beda pula. Namun beberapa hal harus digaris bawahi, nilai kita harusnya bermanfaat bagi orang banyak dan tidak merugikan orang lain, harus sesuai dengan ajaran Agama yang kita anut dan tidak melawan Prinsip2 Kehidupan yang hakiki.

Tawaran teman saya jadinya mengingatkan saya dengan apa yang dikatakan Billy Graham, bahwa bila kita kehilangan character, value atau nilai diri kita maka semuanya hilang. Sehingga saya cek kembali diri saya sendiri dan mendapati bahwa saya berjanji akan mempunyai nilai sebagai seorang trainer adalah menjadi trainer yang selalu melihat keluar biasaan dari peserta training saya,

Saya enggan dan anti menjadi trainer yang terlalu komersial, yang membranding dirinya begitu luar biasa, yang lebih fokus menjual seminar dan bukunya, namun peserta pelatihannya tidak mendapatkan pembelajaran yang maksimal dengan memasuki kelas trainingnya. (semoga saya selalu teguh memegang nilai saya hehehe, doakan yah frennn)

Nilai tersebut lah yang membuat saya sontak menjawab ke teman saya bahwa "ini tidak sesuai dengan nilai saya"

Selama kehidupan kita, memang selalu datang banyak tantangan dan masalah yang sering membuat kita terlena dan melupakan nilai kita. Namun Saya percaya selagi kita fokus kepada nilai kita, maka berkah dan rezeki pasti akan menghampiri kita. Bagaimana pendapat anda ?

Apa nilai anda ?
Yuk berbagi ke teman teman lainnya agar semua mempunyai nilai yang positif !

Semoga bermanfaat !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar