Senin, 30 Maret 2015

Mengapa banyak Leader MLM tidak EFEKTIF menjalankan KONSULTASI ?

"Laws control the lesser men. Right Conduct controls the greater one" by Mark Twain.

Salah satu prinsip terutama dalam menjalankan bisnis MLM adalah Konsultasi. Bila dipecahkan lebih dalam lagi arti konsultasi adalah sebuah perbincangan mendalam antara kedua belah pihak yang menghasilkan solusi dan tindakan.

Bila perbincangannya tidak menghasilkan solusi atau tindakan maka disebut kongkow, atau bercakap cakap saja hehehe.

"Pak, saya sudah sering konsultasikan masalah ini kepada upline leader saya, namun beliau masih belum berikan solusi yang tepat !"

Statement ini sering saya dapatkan ketika masih berkecimpung di dunia persilatan MLM hehehe. Ini adalah statement yang sangat menjebak untuk dijawab saya hehehe

Mengapa menjebak ? Karena sebagai manajerial MLM, kita di sisi perusahaan dan secara etika tidak dibenarkan untuk memberikan konsultasi atau arahan ataupun menanggapi jawaban dari member tsb. Yah karena masing masing Group Leader tentu memiliki strategi group yang berbeda beda soo bila kita sebagai management memberikan pengarahan maka yang terjadi adalah kebingungan dalam group tsb. Lagian siapa sih yang mau anaknya dididik dan diajar oleh orang lain hehehe.

"Coba saya akan ingatkan lagi dengan Upline Anda yah" jawab saya dengan nada yang rendah. Karena itulah jawaban yang the best dari posisi management hehehe.Yah tentunya harus benar benar disampaikan ke upline tsb tentang kondisi downlinenya.

Soo ini merupakan salah satu masalah klasik di bisnis MLM. Konsultasi yang tidak Efektif, maka kali ini saya coba sharingkan tentang kerangka berbisnis MLM (point ketiga) tentang bagaimana membangun jaringan keluar kota, yaitu " System Kontrol yang Teruji ".

Sekarang saya ingin tanya Anda dulu, para networkers ....
MLM adalah bisnis profesional, setuju gak ?
Bisnis Profesional perlu dikelola dengan profesional pula, setuju juga ?

Dalam sebuah bisnis profesional, selain daripada planning, action, review, ada satu tools management yang cukup penting yaitu system control. Dan salah satu tool yang paling efektif dari system controlling adalah konsultasi hehehe.

Mengapa Bisnis MLM perlu System Control yang teruji ?

Karena MLM adalah jaringan manusia. Dan manusia adalah satu satunya makhluk hidup yang diberikan Tuhan kemampuan untuk berpikir, punya hati, perasaan, mood, semangat, dsbnya. Sehingga sewajarnya didalam menjalankan bisnis manusia ini, ada kondisi up dan down sehingga perlu adanya sistem pengontrolan sehingga bisnis MLMnya bisa lebih stabil.

Tentu dalam hal ini, jangan lupakan sisi "manusia"nya hehehe kalau gak downline hanya akan menjadi "sapi perah" bagi upline yang sesat hahaha

Wong mesin produksi di pabrik saja yang merupakan benda mati perlu dilakukan kontrol karena khawatir hasil produksinya bisa tidak sesuai standard yang diinginkan, apalagi manusia hehehe.

Nah apa hubungannya dengan membangun jaringan bisnis MLM keluar kota ?

Ketika Anda membangun bisnis diluar kota, jangan lupa selain daripada Program Bisnis Anda yang Jelas, Orang atau Team yang Tepat, perlu juga kontroling terhadap apa yang telah kita lakukan di daerah tsb. Alat alat kontroling yang sederhana spt : Laporan Omset, Laporan Stock, Laporan Member Baru, Buku Konsultasi, dll sbgnya.

Kali ini saya tidak membahas tentang sistem report karena masing masing perusahaan MLM mempunyai ketentuan yang berbeda beda, namun perlu digaris bawahi, report yang baik adalah report yang bisa melihat kondisi omset, jaringan, level leadership, new member, sampai bisa mengakses data spt telp dan alamat dari member bersangkutan (yang bertujuan untuk follow up)

Seperti apakah report tsb ? mari kita kembalikan ke masing masing perusahaan MLM nya hehehe

Wah pak kalau gitu susah donk jalankan bisnis MLM nya ?

Tidak juga, karena beberapa tugas kontroling tidak perlu Anda jalankan semua, sebagian Anda bisa delegasikan ke Leader di bawah Anda (ajarkan mereka untuk menggunakan tools tsb). Dan sebagian perusahaan MLM di Indonesia juga sudah cukup baik dalam menyediakan laporan laporan tsb yang dibutuhkan seorang leader.

Salah satu Sistem Kontrol yang tidak bisa tergantikan adalah Konsultasi !

Banyak Leader yang mengaku telah menjalankan Konsultasi dengan downline nya, apakah mereka menjalankannya dengan Efektif ? Kebanyakan hanya curhat, gosip, atau jadi ajang memarahi downline hehehe

Seperti yang diungkapkan Mark Twain di Quotes di atas, "Hukum mengontrol orang rata rata, Perlakuan yang baiklah yang bisa mengkontrol orang hebat ". Maka Konsultasi juga harus dijalankan dengan Tepat agar hasilnya Efektif.

Berikut beberapa Tips sederhana dalam Konsultasi Efektif sbb :

1. Lakukan secara periodik dan teratur

Keteraturan untuk konsultasi akan membuat program Anda berjalan lebih maksimal, kendala yang terjadi bisa cepat diantisipasi dan team inti Anda akan terarah menuju tujuan bersama yang ditargetkan.

2. Selalu Based On Data ketika konsultasi

Data tidak bisa berbohong kecuali sistem komputer perusahaan MLM Anda bermasalah. Usahakan memberikan konsultasi based on data. Jadi apapun pengarahan Anda, semua ada dasar pemikirannya.

Contoh simpelnya bila di sebuah daerah produk kesehatan Anda begitu sukses, namun mendadak menurun di bulan tertentu maka Anda bisa berdasarkan data untuk saling mencari tahu kok bisa yah ? maybe karena libur panjang, atau banyak aktivitas umum disana yang menyebabkan omset member berkurang. Cari tahu lah frennn !

3. Output dari Konsultasi adalah Tindakan.

Sehebat hebatnya konsultasi, selalu akhiri dengan tindakan. Mau buat apa, mau bertindak apa, solusinya apa, haruslah jelas dan berikan time limit untuk tindakan tersebut.

4. Konsultasi tidak perlu lama dan bukan ajang curhat

Sering kali downline memanfaatkan jadwal konsultasi untuk sekedar curhat kepada uplinenya, dan kadang kala curhatnya tidak berhubungan dengan bisnis MLM. Itulah yang sering mengakibatkan arah dari bisnis MLM atau program leader menjadi tidak jelas.

Apakah tidak boleh sharing hal pribadi ke upline ? Ada batasnya frennn, upline yang bijaksana tahu kapan memberikan komen, kapan harus menghentikan konsultasi ketika downline sudah ngawur kemana mana hehehe.

Konsultasi yang bagus hanya memakan waktu 1 jam paling maksimal, bila lebih maka siap2lah masuk ke jebakan curhat dan gosip wakakakak.

Demikian Freen Artikel kali ini yang berbicara tentang Sistem Kontrol yang Teruji.
Bagaimana dengan Bisnis MLM Anda ???

Next Time kita akan mulai bercerita tentang Leadership di MLM. Mau ????


Salam Hebat Luar Biasa !

Erwin Tanes

*Penulis adalah seorang mantan Senior Regional Manager di sebuah Perusahaan MLM terkemuka di Indonesia. Sekarang beliau aktif memberikan pelatihan dan seminar diberbagai instansi pemerintahan dan perusahaan. Beliau juga aktif menulis artikel dan buku terutama tentang pengembangan diri. Beliau bisa dihubungi di nomor 0812 609 4755

Tidak ada komentar:

Posting Komentar