Minggu, 05 April 2015

Mengapa banyak LEADER MLM yang sebenarnya bukan LEADER ?

 "Leadership is about Influence" by John C Maxwell

Sesuai janji saya frenn, kali ini kita akan kupas tuntas tentang leadership di MLM. Kita akan mulai dengan pertanyaan, Apakah itu Kepemimpinan ? ada yang menjawab ketika kita bisa mengatur group, sebagian dari kita maybe berkata bisa memimpin orang, punya kharisma, punya kemampuan, punya wibawa, dll

Tidak ada salah dengan beberapa statement diatas, namun saya mendapatkan sebuah statement yang sangat saya sukai ketika berbicara leadership dimana mana, yaitu Leadership adalah tentang memberi pengaruh (Influence).

Sesimpel dan seringkas itu saja. Seorang Pemimpin akan dianggap memimpin bila bisa memberikan pengaruh. Statement tersebut dari John C Maxwell yang sudah dianggap sebagai Guru Kepemimpinan Dunia.

Now let's talk about MLM. Menurut Anda, Pemimpin seperti apakah yang dibutuhkan di bisnis MLM ?

Pintar Ngomong, Pintar Motivasi, Berwibawa, Berpengaruh, Berprestasi, apalagi yah hehehehe

Persepsi nama leader banyak disalah artikan oleh member member MLM. Yang belum terhitung leader sudah disebut leader, yang belum layak diedifikasi, sudah salah diedifikasi besar besaran hehehe.

Berikut beberapa persepsi yang salah tentang istilah Leader di MLM sbb :
1. Leader adalah member senior
2. Leader adalah member yang banyak jaringan
3. Leader adalah member yang pintar jualan
4. Leader adalah member yang banyak ngomong
5. Leader adalah member yang aktif*
6. Leader adalah member yang dekat dengan manajemen MLM
Dstnya .....

*aktif belum tentu produktif frennn

Beruntung di industri MLM ini, saya berdinas di bagian marketing soo sering keliling ke berbagai daerah, bergaul rapat dengan top top leader di daerah tersebut dan juga melihat berbagai jenis leader yang ada, dari yang serius, gokil, matang, genuine, kw1, kw2 sampe kw10 kurasa hehehe.

Menurut saya, hanya 3 ciri khas seorang Leader MLM yang Matang yaitu :
1. Berpengaruh
2. Terbukti Berprestasi
3. Mampu Ciptakan Leader Baru di Jaringannya.

Memang sih nothing is perfect, ada leader yang kuat di memberi pengaruh, namun prestasi masih belum maksimal, atau ada yang sangat berprestasi namun tidak mampu memberi pengaruh yang kuat ke teamnya. Namun tidak ada ciri khas atau kualitas lain yang cukup fundamental dibandingkan ketiga point diatas. Setuju ?

Luarbiasanya ternyata ketiga hal tersebut sangat identik dengan filosofi dari Pahlawan Nasional Indonesia tercinta, yaitu : Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Indonesia yang menyebutkan bahwa Filosofi seorang Pendidik (Guru) haruslah berdasar kepada  :

1. Ing Ngarso Sung Tulodo (didepan menjadi Teladan)
2. Ing Madyo Mangun Karso (ditengah memberi Semangat)
3. Tut Wuri Handayani (dibelakang memberi Dorongan)

Bukankah seorang Pemimpin itu sejatinya juga seorang "Pendidik" ?

Bila kita sering menyebut diri kita adalah Pemimpin, coba dikroscek dulu, apakah kita ada melakukan "Proses Pendidikan" ke member member MLM kita ? Atau cuma hanya berupa motivasi dan pemberi semangat saja ?

Proses Pendidikan bisa berarti kita mendidik, mentoring, coaching dan menjadikan pengikut kita dari seorang Pengikut yang "No Body" menjadi seorang Pemimpin yang "Some Body". Sesuatu banget kata seorang artis ibukota yang sensasional hahaha

Nah bagaimana seh detail Pemimpin MLM sejati yang kita harapkan ?
Next Artikel kita akan sama sama belajar tentang ketiga filosofi Ki Hajar Dewantara detail satu persatu dan relevansinya untuk dipake di industri MLM. Mau ????

Semoga Bermanfaat !

Erwin Tanes

*Penulis adalah seorang mantan Senior Regional Manager di sebuah Perusahaan MLM terkemuka di Indonesia. Sekarang beliau aktif memberikan pelatihan dan seminar diberbagai instansi pemerintahan dan perusahaan. Beliau juga aktif menulis artikel dan buku terutama tentang pengembangan diri. Beliau bisa dihubungi di nomor 0812 609 4755


Tidak ada komentar:

Posting Komentar