Senin, 16 Maret 2015

Mengapa jaringan saya di luarkota pada rontok semua ? Part II.

"Coming Together is Beginning, Keeping Together is Progress, Working Together is Success" by Henry Ford

Hai Frennn,

Sesuai janji saya, kali ini kita akan bahas point kedua dalam mengembangkan jaringan keluar kota. Artikel sebelumnya bercerita tentang bagaimana merancang Program yang Jelas maka dengan Program yang Jelas akan membuat member Anda menjadi jelas dan bisa menjalankan Program tersebut dengan baik di daerah yang mau Anda kembangkan (tentunya di luar kota)

Nah kebanyakan dari Para Leader MLM ketika menjalankan bisnisnya diluar kota,, kehabisan amunisi hehehe, bukan amunisi modal uang saja, namun kebanyakan kehabisan kesabaran, semangat, ketelatenan, bahkan ada yang menyebutkan "kehabisan leader luar kota".

Paradigma ini sering sekali saya jumpai didalam keseharian saya sewaktu masih aktif berdinas di salah satu Top 10 MLM di Indonesia. Kebanyakan yang terjadi, Leader terlampau semangat sehingga melupakan bahwa Program yang Jelas haruslah dicocokkan juga dengan Team yang Tepat hehehe.

Ibaratnya Program itu adalah listrik, maka Team yang Tepat adalah kabel yang tepat sehingga kekuatan listrik bisa disalurkan dengan baik oleh kabel. Listrik yang berkapasitas besar memerlukan Kabel yang serabut tembaganya juga lebih tebal. Listrik yang untuk penggunaan rumah tangga, cukup memerlukan Kabel yang standard saja.

Demikian Program Pengembangan Jaringan Anda ke daerah haruslah dijalankan oleh Team yang tepat. Bukankah bekerja dengan orang yang tepat mempercepat kesuksesan bisnis Anda ? Dan kebalikannya, bekerja dengan orang yang kurang tepat akan memboroskan waktu, energi, dan bahkan uang Anda ?

Tidak Semua Member MLM Anda adalah Team yang Tepat !

Member MLM yang bergabung didalam jaringan bisnis Anda tentu mempunyai kategori dan kebutuhan yang berbeda beda. Bila dipilah pilah maka terdapatlah 3 kategori besar yaitu : Kategori Pemain Jaringan, Kategori Penjual dan terakhir Kategori Konsumen.

Nah Kategori terbanyak biasanya berasal dari Tipe Konsumen ini (biasanya sekitar 60 sd 70 % dari jaringan Anda) Kategori kedua biasanya dari Tipe Penjual ( 25 % ) dan Tipe Pemain Jaringan atau sering dipanggil leader adalah hanya 5 %.

Mengapa perlu dibahas kategori member ?

Karena banyak diantara para Leader yang sering "miss" dalam memperlakukan tipe tipe member ini. Contohnya : Seorang Konsumen (yang jadi member Anda) yang senang memakai produk Anda karena kualitas produknya, bila Anda memaksakan selalu mengikuti Kelas Motivasi, apa yang akan terjadi ?

Sudah pasti bahwa member tersebut akan kabur dan lama kelamaan menjauh dan ujung ujungnya tidak belanja produk dari Anda lagi. Mengapa demikian ?

Tentu saja karena kebutuhannya hanyalah kualitas produk. (Ingat bahwa dia hanya konsumen) dan mereka tidak (belum) butuh solusi bisnis MLMnya.

Apakah mereka tidak mungkin butuh solusi bisnisnya ? Bisa saja, suatu saat mereka butuh itu, namun ada baiknya Anda tidak terlalu jor joran bersemangat menjebloskan mereka ke kelas motivasi diawal awal mereka mulai menjadi konsumen. Lakukan secara bertahap ( Minta panduan Upline Leader Anda yang lebih Senior dalam hal ini )

Makanya seperti quote yang diucapkan Henry Ford bahwa
Kalau cuma datang bersama sama (join member) itu hanyalah permulaan.
Bila bertahan bersama sama itu (membernya jadi konsumen atau penjual) itu hanyalah proses.
Namun bila bekerja bersama sama (membernya siap sukses dan mau fokus membangun jaringan) itulah sukses sejati.

Jadi Tipe Member seperti apa yang cocok untuk kembangkan bisnis keluar kota ?

Tentu saja Tipe Pemain Jaringan, yaitu Tipe member yang memang fokus sukses dari bisnis MLM seperti Anda. Soo ketika Anda mulai "menyerang" sebuah daerah baru, pastikan "pasukan" Anda adalah yang setipe dengan Anda (tipe pemain jaringan)

Tidak lucu lah Anda membuka lahan baru namun pasukan penyerang yang Anda pakai hanyalah seorang konsumen yang notabene hanya membutuhkan produk saja. Makanya banyak Leader yang berteriak " Kok Leader saya di luarkota tidak aktif yah !"

Teriakan tersebut biasanya saya jawab dengan "Yang Ibu / Bapak maksud dengan namanya Leader itu siapa ? " hehehehe Leader Pejuang yang membuka lahan baru bersama Anda yah haruslah Leader bertipe Pemain Jaringan, karena mempunyai semangat, visi misi, komitmen, dan sikap yang mau sukses seperti Anda.

Ingatlah pepatah ini " Jangan Potong Ayam dengan Pisau Buah " hehehe

Jadi Tipe Konsumen tidak baik ?

Sangat baik lah Frennnn, 70% Omset Anda pasti dihasilkan oleh konsumen, jadi kalau tidak ada konsumen dalam jaringan Anda maka siap siap kehilangan omset porsi terbesar dalam bisnis Anda.

Nah itu salahnya banyak bisnis MLM di Indonesia yang hanya mengagung agungkan sistem pelatihannya dan figur Leadernya saja, Alhasil banyak MLM di Indonesia yang rontok ataupun macet karena yang difokuskan hanyalah sistem pelatihan tanpa memahami bagaimana kebutuhan seorang konsumen hehehe

Bahasa kasarnya "jaringannya banyak, tapi omsetnya gak ada" hehehehe

Lohhh Kalau begitu tipe mana yang terbaik ? (sabar yah frennn akan saya bahas dalam artikel selanjutnya )

Kalau Tipe Penjual ?

Tipe Penjual biasanya bermain short term, boleh sih Anda berkolaborasi dengan Tipe Penjual untuk membuka lahan baru, namun pastikan bahwa Anda mampu untuk konsisten membentuk Leader Lokal disana.

Jangan terlalu berharap dengan Penjual, karena orientasinya keuntungan jangka pendek. Bila ada produk lain dan keuntungan lebih besar, biasanya mereka suka tergoda menjual yang lainnya.

Namun tetap saja Penjual juga menghasilkan omset untuk bisnis Anda bukan ? Soo juga ada teknik untuk memperlakukan mereka ( akan saya bahas di next artikel juga hehehe )

Team yang Tepat = Team Inti

Team yang tepat untuk membangun jaringan Anda bisa disebut juga Team Inti. Berapa lama sampai Anda bisa dapatkan Team Inti atau per berapa ratus member baru muncul 1 orang Team Inti ? Itu semua tergantung seberapa konsisten Anda menjalankan bisnis MLM Anda. Sepengalaman saya, biasanya Team Inti terbentuk dalam waktu 1 sd 2 tahun dan dari 50 sd 100 member baru ketemu 1 orang Team Inti.

Soo Bisnis MLM adalah bisnis kacangan ? Jauh jauh lah pemikiran tsb, karena bangun seorang Team Inti juga perlu waktu tahunan. Jadi bila yang tidak serius atau hanya berharap hasil instan, biasanya orang tersebut tidak bertahan lama di MLM. Maka dari itu Bisnis MLM merupakan Bisnis yang Profesional !

Soo apa kaitan Konsumen, Penjual, dan Pemain Jaringan ?

Sepertinya artikel saya sudah cukup panjang x lebar, Next Artikel kita akan membahas kaitannya yah frennn. Pastinya bila Anda mau kembangkan bisnis MLM di luar kota, bolehlah bertanya "Who are The Leaders?" atau Anda boleh bertanya "Apakah Leader saya sudah merupakan orang yang tepat untuk buka lahan diluar kota?"

Semoga bermanfaat freeennn !

Salam Hebat Luar biasa !

Erwin Tanes

*Penulis adalah seorang mantan Senior Regional Manager di sebuah Perusahaan MLM terkemuka di Indonesia. Sekarang beliau aktif memberikan pelatihan dan seminar diberbagai instansi pemerintahan dan perusahaan. Beliau juga aktif menulis artikel dan buku terutama tentang pengembangan diri. Beliau bisa dihubungi di nomor 0812 609 4755


Tidak ada komentar:

Posting Komentar