Senin, 13 April 2015

Apakah Anda adalah Pemimpin yang "menghasilkan" ?

"Effective Leadership is not about making speechess or being liked; Leadership is defined by results not attributes" by Peter Drucker

Semua orang bisa menyebut dirinya pemimpin, namun hanya segelintir orang yang membuktikan dengan "prestasi nyata". Itulah kepemimpinan sejati frennn. Didalam dunia bisnis, organisasi sosial, maupun keagamaan, prinsip kepemimpinan tetap sama adanya, tidak pernah berubah walau jaman terus berubah.

Kepemimpinan tetap butuh yang namanya Keteladanan melalui Hasil, juga butuh Pengembangan Potensi Pengikutnya, dan yang terakhir, pastinya butuh  Pengaruh yang Kuat.

Seperti yang dikatakan Peter Drucker, Pemimpin sejati bukanlah orang yang hanya mampu berbicara banyak, atau disukai banyak orang, namun juga adalah orang yang mampu membuktikan secara nyata prestasinya.

Di industri MLM juga sama frennn. Banyak sekali saya bertemu dengan pemimpin yang mampu berbicara, menghipnotis ribuan orang, membuat peserta seminar atau pelatihannya menjadi terkelepar kelepar (bahasa saya yah hehehe) layaknya ikan yang membutuhkan air.

Ya ya ya .... orang orang tersebut memiliki bakat pemimpin namun tidak cukup hanya bakat atau talenta saja. Mereka belumlah disebut Pemimpin Sejati bila belum bisa membuktikannya lewat prestasi.

MLM menawarkan bisnis dengan penghasilan puluhan juta bahkan di level tertentu bisa mencapai ratusan juta per bulan. Nah seorang leader yang mengarahkan jaringannya agar aktif menekuni MLM nya tentu lah melihat juga apakah leader tersebut sudah mencapai posisi yang selalu diceritakan ? Bukankah seorang leader yang sudah pernah mencapai suatu prestasi (penghasilan di angka tertentu) akan lebih mudah membawa pengikutnya mencapai juga prestasi tsb ?

Sungguh luar biasa seorang Ki Hajar Dewantara yang berpuluh puluh tahun yang lalu sudah mencanangkan sebuah filosofi kepemimpinan yaitu "Ing Ngarso Sung Tulodo". Pemimpin sejati haruslah didepan sebagai Teladan atau Contoh.

Apa keteladanan seorang Pemimpin MLM ?
Sikapnya, Perilakunya, Cara melakukan bisnisnya yang elegan, Pemikirannya, dan yang tidak boleh dilupakan adalah "prestasinya".

Bagaimana dengan Pemimpin yang prestasi nya belum maksimal ? Apakah itu menyebabkan leader tsb tidak boleh memimpin ? Tentu tidak, kepemimpinannya juga bertumbuh kok seiring dengan pertumbuhannya, maka prestasinya juga pasti akan bertumbuh lebih baik.

Yang pasti adalah jangan sesekali melakukan claim palsu bahwa telah mencapai posisi begini begitu dan berpenghasilan sekian juta padahal maybe belum dicapainya. Inilah salah satu penyebab mengapa sebagian besar masyarakat skeptis dengan bisnis MLM. Karena oknum2nya melakukan claim yang berlebihan tentang bonus dan prestasinya di bisnis tsb.

Sehubungan dengan Kepemimpinan yang Berprestasi maka ada beberapa tips sederhana yang bisa dipakai dalam kepemimpinan industri MLM sbb :

1. Mintalah Downline atau Member Anda yang melakukan edifikasi atas prestasi Anda. (Tentu bukan over claim yang berlebihan frennn). Edifikasi akan kuat bila dilakukan pihak ketiga, dan ingat edifikasi tsb bukan untuk Anda namun agar Downline Anda mudah menggunakan kekuatan Anda (selaku Uplinenya) untuk memberi pengaruh kepada downline2nya yang lain supaya lebih semangat dan termotivasi menjalankan bisnis MLMnya.

2. Kalau Anda berprestasi maka Anda tentu tahu jalan menuju kesananya. Nah ajarkan jalan tersebut ke Pengikut Anda.

3. Bukan hanya Show The Way saja namun Together On The Way itulah yang penting bagi Pengikut Anda.

4. Miliki Impian Impian besar sehingga ketika mencapai sebuah prestasi maka Anda tidak menjadi sombong dan angkuh melainkan mempersiapkan diri mencapai Impian yang lebih besar lagi.

5. Secara berkala mereview prestasi dari member2 Anda sehingga Anda bisa lebih konsentrasi menggerakkan mereka mencapai prestasi mereka. Bukankah salah satu indikator Pemimpin Sukses dilihat dari Prestasi Pengikutnya juga ?

Maka sesuai dengan judul yang saya buat, saya akan kembali bertanya kepada kita semua ......
Apakah Saya adalah Pemimpin yang "menghasilkan" ?

Semoga bermanfaat....

Salam Hebat Luar Biasa

Erwin Tanes

*Penulis adalah seorang mantan Senior Regional Manager di sebuah Perusahaan MLM terkemuka di Indonesia. Sekarang beliau aktif memberikan pelatihan dan seminar diberbagai instansi pemerintahan dan perusahaan. Beliau juga aktif menulis artikel dan buku terutama tentang pengembangan diri. Beliau bisa dihubungi di nomor 0812 609 4755

Tidak ada komentar:

Posting Komentar