Senin, 20 April 2015

Mau tahu kualitas kepemimpinan seseorang ? Lihat saja pengikutnya !

" Leadership is unlocking people's potential to become better " Bill Bradley

Kualitas Kepemimpinan bisa dilihat dari berbagai sisi. Minggu lalu kita telah membahas bagaimana menjadi Pemimpin yang "menghasilkan". Kali ini kita melihat dari sisi sebaliknya. Berapa banyak pengikut didalam kepemimpinan tsb yang menjadi "lebih baik" dari sebelumnya ? Jadi ini melihat dari sisi pengikutnya.

Sehingga ada guyon yang mengatakan, Anda mau mengetest kualitas seorang pemimpin ? Lihat aja pengikutnya, apakah hanya terdiri dari orang orang yang ABS (asal bapak senang) ataukah pengikutnya merupakan orang orang hebat berprestasi dan berprinsip teguh ?

Seperti yang dikatanya Bill Bradley, seorang Senat, Olahragawan, dan Penulis buku di Amerika, mengatakan "Kepemimpinan adalah melepaskan potensi dari pengikut Anda sehingga mereka menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya."

Di Industri MLM juga sama prinsip tsb frenn. Selama saya bertugas di industri ini, saya berkeliling dan menjumpai banyak leader leader dengan beraneka ragam tipe dan bentuk. Ada yang bentuknya seperti "Sun Go Kong", si Dewa Kera Sakti yang bisa berubah jadi 72 bentuk. Artinya leader tsb tidak bisa dipegang omongannya dan bukan orang yang fokus, berubah rubah sesuai 72 bentuk hahahaha.

Ada juga tipe Ramboo, yaitu tipe yang gak paham strategi dan perencanaan. Asal dimana ada orang atau prospek saja, pasti akan dihantam dan ditawarkan bisnisnya. Bayangkan Ramboo dengan senapan mesin yang sekali tembak melontarkan puluhan peluru tanpa henti hehehe. Begitulah tipe yang begini. Bagus sehh semangatnya tidak pernah padam, namun kalau kurang perencanaan yang terjadi adalah kerja sia sia saja.


Ada juga tipe seperti SWAT atau Sniper, mereka merencanakan, berdiskusi, saling adu argument, namun ketika sudah memutuskan "tindakan" yang diperlukan maka mereka akan konsisten melangkah menuju apa yang diputuskan bersama. Mereka terbiasa bekerja secara team dan mandiri secara individu.

Dan masih banyak tipe tipe lainnya frenn, tidak habis dibahas satu persatu hehehe. Nah ada satu tipe Artis, yaitu pemimpin yang sangat kharismatik dan berwibawa, sayangnya kebanyakan member2nya terlalu memuja dia sehingga mereka hanya jadi "pengikut yang setia" tanpa mampu mengupgrade dirinya seperti pemimpinnya.

Saya kira bukanlah disengaja pemimpin tsb untuk tidak membantu pengikutnya menjadi generasi pemimpin selanjutnya, namun lebih dikarenakan ketidak mampuan dalam mendrive mereka agar berprestasi juga. Dalam industri MLM, ini sering disebut "Duplikasi tidak berjalan baik".

Ing Madya Mangun Karso, itulah istilah yang diberikan Ki Hajar Dewantara untuk seorang pendidik (bisa juga pemimpin) dimana bisa berada di tengah tengah pengikutnya untuk memberikan motivasi, seperti : Coaching,  Mentoring, dan mendrive mereka agar berprestasi lebih.

Canggih yah Bapak Pendidikan Indonesia ? hehehe itulah yang harus kita syukuri dari Indonesia. Banyak Pemimpin Pemimpin Bangsa yang hebat sejak dulu kala telah memberikan sendi sendi ilmu hidup kepada kita semua sebagai anak anak bangsa penerusnya. Tergantung kita menyerapnya atau tidak frennn

Soo, Anda, saya, kita semua sebagai seorang pemimpin, baik di industri MLM, di pekerjaan, di bisnis, perlulah selalu teringat bahwa "orang lain melihat kepemimpinan kita melalui pengikut kita". 

Jadi pertanyaan terakhir saya untuk kita semua, "Sudahkah kita mengangkat, membina, mempersiapkan pengikut di bawah kita untuk menjadi generasi pemimpin kita yang berikutnya yang berprestasi dan berkarakter ?"

Semoga bermanfaat

Erwin Tanes

*Penulis adalah seorang mantan Senior Regional Manager di sebuah Perusahaan MLM terkemuka di Indonesia. Sekarang beliau aktif memberikan pelatihan dan seminar diberbagai instansi pemerintahan dan perusahaan. Beliau juga aktif menulis artikel dan buku terutama tentang pengembangan diri. Beliau bisa dihubungi di nomor 0812 609 4755


Tidak ada komentar:

Posting Komentar