Senin, 27 April 2015

Mengapa Bisnis MLM Anda harus berfokus membina Anak Muda ?

"Anak Muda memang minim pengalaman, karena itu ia tidak tawarkan masa lalu. Anak Muda menawarkan Masa Depan !" by Anies Baswedan

Frennn, Pangsa Pasar Anak Muda adalah sebuah Fenomena yang Luar Biasa. Semua Industri, Bisnis, Organisasi dan Korporasi pasti selalu bersinggungan dengan anak muda. Mereka berlomba lomba melakukan edukasi branding dari product mereka ke segmen pasar ini. Demikian juga Industri MLM.

Beberapa bulan terakhir ini, banyak perusahaan MLM bermunculan. Dari yang memang berskema multi level, direct selling, single level, binary, bahkan "Money Game" yang berkedok MLM juga mulai bermunculan. Ini akan menjadi PR besar bagi Pemerintah kita khususnya OJK untuk mencermati, apakah skema skema tersebut benar MLM atau tidak,  merugikan masyarakat atau tidak, beresiko gagal bayar atau tidak.

Kali ini saya akan mengupas tentang Anak Muda. Seperti yang kita ketahui bersama, Anak Muda merupakan sebuah pangsa pasar yang cukup besar untuk industri MLM. Mengapa menarik frenn ? Berikut beberapa alasan mengapa pasar Anak Muda sangat menggiurkan digarap oleh bisnis MLM Anda sbb :

1. Anak Muda memiliki Life Cycle yang panjang.

Bayangkan bila Bisnis MLM Anda memiliki banyak member Anak Muda yang terbiasa berpola hidup sehat, teratur mengkonsumsi dan menggunakan produk MLM Anda, dan mereka juga seorang perekrut yang aktif, sering mengadakan pertemuan dan mengikuti berbagai komunitas Anak Muda.

Pastinya Anda akan tersenyum sampai tidur juga masih tersenyum hahaha.

Anak Muda memilik Life Cycle sangat panjang, mulai dari remaja, selesai sekolah SMU, masuk kuliah, selesai kuliah sebagian bekerja, sebagian menjalankan bisnis, sampe mereka berkeluarga, mempunyai anak, dan perlahan lahan mulai matang dalam kehidupan, dan sampai usia senior, memiliki cucu, dsbnya. Menurut Anda berapa tahun Life Cycle mereka ?

Menurut hitungan saya yang asal saja, maybe ada sekitar 40 tahun masa produktif mereka yang bisa digarap oleh Bisnis MLM Anda ! Apalagi kalau mereka menjadi member bahkan leader aktif Anda hahahaha

Dan bila Anda cermati, Bisnis Konvensional sudah sangat lama membidik pasar Anak Muda tsb. Beberapa Industri bahkan sengaja membuat Product yang telah di "customized" untuk pasar Anak Muda ini. Pasar ini sudah menjadi semacam Kategori Pasar Utama untuk berbagai Industri di Indonesia.

2. Anak Muda memiliki Energi Berjuang (Fighting Spirit) yang Tidak Terbatas.

Tentunya Anda sepakat dengan saya bahwa setiap Anak Muda mendambakan sebuah bisnis atau usaha dimana mereka memiliki waktu yang bebas, gak perlu ngantor setiap hari, fun, keren, enjoy, namun juga memiliki penghasilan yang lumayan, bisa keliling keluar negri gratis, bisa mempunyai rumah mewah, mobil mewah, dan banyak lagi impian impian besar lainnya.

Tidak banyak bidang karir yang bisa memberikan itu semua, Namun Bisnis MLM adalah salah satu yang bisa frennnn. Bukan bisa lagi tapi "Bisa Banget" hehehe

Inilah yang bisa menggerakkan mereka sehingga Energi Berjuang mereka tidak akan pernah habis dan selalu "on" terus. Tentunya perlu dibarengi dengan Motivasi, Pembinaan, Pelatihan, Mentoring dan Coaching yang benar dari leader di atasnya juga.

Seperti yang dikatakan Anies Baswedan, Bpk Menteri Pendidikan kita, bahkan Anak Muda menawarkan Masa Depan. Mereka tidak bercerita tentang Masa Lalu karena memang minim pengalaman.

3. Anak Muda memiliki Waktu Luang yang Lebih Banyak dan Bebas Hambatan.

Maksud dari waktu luang yang lebih banyak adalah dikarenakan diusia mudanya maka mereka selalu hanya berfokus kepada beberapa hal saja, semisal : kuliah atau bekerja, maka sisanya waktunya cukup luang untuk bisa aktif di bisnis MLM Anda.

Disebutkan bebas hambatan berarti karena peranan di dalam masyarakat yang belum banyak (karena usia muda tsb) maka seakan akan Anak Muda bebas hambatan dan lebih bisa diandalkan untuk aktif di bisnis MLM.

4. Anak Muda merupakan Generasi Penerus dari Leader dan Bisnis MLM Anda.

Semasa saya aktif berkeliling dan berkecimpung di dunia MLM, saya banyak mendapati perusahaan MLM yang dulunya besar, bagus, mempunyai cabang banyak dan ternama, sekarang menjadi tinggal sejarah saja.

Hal ini terutama disebabkan mereka (baik management maupun leader) tidak fokus dan konsisten membangun Anak Muda sehingga ketika perusahaan maupun bisnis MLM dari Leader tsb sudah mencapai Peak dari Kejayaan Bisnis MLM mereka, ada kecenderungan mereka terjebak dengan manisnya omset bisnis, semacam sikap "take it for granted" dan tidak memikirkan melakukan investasi berkelanjutan di Group Anak Muda.

Ya Ya Ya .... Bisnis MLM tersebut pasti akan menjadi sejarah saja walaupun omset mereka bisa stabil (biasa cenderung stagnan di satu posisi omset) namun sayangnya tidak mampu melejit lebih tinggi lagi.

Soo my frennn, kalau begitu pentingnya Pasar Anak Muda bagi Industri MLM, mengapa tidak banyak perusahaan yang berhasil mendidik dan membina lapisan member ini ?

Bisa karena mereka belum sadar karena terbius enak dan manisnya omset produk dari penjualan langsung member membernya (maybe produknya sangat sakti mandraguna hahaha)

Bisa juga mereka sadar namun susah keluar dari jebakan tsb. Mereka enggan untuk keluar dari comfort zone karena omset sudah stabil tercipta setiap bulan, mengapa lagi harus susah susah membangun lapisan baru member Anak Muda yang bikin stress dan habis energi ?.

Yes Benar, membina Group Anak Muda tidaklah semudah membalik telapak tangan.Banyak juga tantangan didalam menggarap pasar anak muda freennn, Tapi "worthed" lah frennn !

Last but not least, Yuk Berbenahlah kita semua, Anak Muda Indonesia sangat banyak dan sedang menunggu untuk sukses di Bisnis MLM Anda ! Tentunya Bisnis MLM Anda mempunyai program yang cocok untuk mereka, konsisten dan komitmen membangun group Anak muda.

Semoga bermanfaat !

Next Artikel saya akan membahas beberapa pandangan salah dari Anak Muda sehingga menjadikan Industri MLM bukanlah Industri yang menarik bagi mereka.

Tentunya saya tambahkan tips tips sederhana, Bagaimana kita membalikkan keadaan sehingga tercipta slogan "Anak Muda tidak Networking ? Tidak Kerennnn !"

Salam Hebat Luar Biasa !

Erwin

*Penulis adalah seorang mantan Senior Regional Manager di sebuah Perusahaan MLM terkemuka di Indonesia. Sekarang beliau aktif memberikan pelatihan dan seminar diberbagai instansi pemerintahan dan perusahaan. Beliau juga aktif menulis artikel dan buku terutama tentang pengembangan diri. Beliau bisa dihubungi di nomor 0812 609 4755.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar