Jumat, 29 Mei 2015

Bagaimana Mengatur dan Memimpin secara tepat sebagai Seorang Leader MLM yang Profesional ?

"Mengatur berbicara tentang Efisiensi, Memimpin berbicara tentang Efektivitas. Gunakan keduanya dengan tepat !" by Erwin Tanes

Hai Frennnn !

Banyak persepsi yang salah antara memimpin dan mengatur, baik itu di bisnis konvensional maupun di industri MLM. Bila kita belajar dari text book, atau leadership book yang notabene penulisnya orang barat (dari dunia barat) maka sering kita temukan Quotes seperti " Jangan Atur Mereka, tapi Pimpinlah Mereka " atau juga seperti ini " Mengatur adalah utk benda mati. Memimpin adalah utk manusia "

Di satu sisi kita merasakan itu hal yang benar, tidak ada orang yang senang diatur, mereka lebih suka dipimpin dengan penuh kelembutan dan pengertian. Namun di sisi lain, Sebelum mereka bisa (siap) dipimpin, mereka harus diatur dulu.

Pemikiran saya terbuka ketika saya mendapatkan pelatihan dari Almarhum Bpk FX Hadi Tjokrosusilo, seorang trainer, profesional dan marketer yang terbaik yang pernah dimiliki oleh Indonesia tentang beda Memimpin dan Mengatur.

Dari Beliaulah, saya belajar tentang "Leadership Situasional" dimana tidak semua paham paham Leadership di dunia barat bisa dipakai di Indonesia yang kondisi perekonomian, taraf pendidikan, dan taraf sosial yang berbeda jauh dengan negara negara barat.

Leadership Situasional adalah Penerapan Paham Paham Leadership dengan melihat kondisi situasional lapangan yang terjadi, ada saatnya harus lembut memimpin dan ada saatnya harus keras mengatur. Beliau selalu menyerukan, " Paham kapan harus mengatur mereka, dan Paham harus memimpin mereka "

Dalam industri MLM, saya juga ketemu hal yang sama frennn. Banyak Leader yang terjebak dan salah menggunakan tools mengatur dan memimpin, bahkan ada yang menggunakannya secara terbalik.

Ketika member Anda perlu dipimpin, Anda malah mengaturnya, ketika dia dalam kebingungan dan minta diatur, Anda malah bebaskan dia untuk ambil keputusan sendiri. Hasilnya akan kacau balau frenn hehehe

Kapan saatnya Anda mengatur ?

Anda perlu mengatur member Anda ketika mereka masih disebut PEMULA.

Arti dari PEMULA adalah mereka baru bergabung di member MLM Anda dan perlu Anda ajarkan, didik, motivasi, bina, informasikan tentang bisnis MLM Anda, tentang pembagian bonus, tentang produknya, tentang sistem pelatihan, dll nya.

PEMULA tidak dilihat dari usia KTP.

Banyak orang yang berusia lanjut atau senior namun belum pernah berbisnis MLM maka Anda harus membinanya layaknya seorang baby yang baru dilahirkan.

Apa yang terjadi kalau Anda menganggap dia sudah senior, sudah bisa dan melepaskannya ke lapangan untuk mencari prospek dan omset tanpa Anda dampingin ?

Mereka akan ditolak, menghadapi tantangan yang tidak pernah disangka, tidak bisa melakukan closing dengan benar dan ujung2nya mereka akan menjadi negatif terhadap bisnis MLM, menjadi negatif terhadap Anda, menjadi negatif terhadap produk dan terakhir menjadi tidak aktif.

PEMULA tidak dilihat dari Pengalaman MLM sebelumnya.

Banyak member member baru dan berpengalaman di Bisnis MLM lainnya, ketika memasuki bisnis MLM Anda, merek perlu belajar ulang lagi. Karena Perusahaannya beda, budaya beda, produk beda, sistem pelatihan pun beda, jadi mereka dipastikan harus rendah hati dan belajar ulang dengan Anda.

Jadi Anda perlu tunjukkan caranya, "This is Our MLM and This is The Right Way to do Our MLM Business."

Jangan Anda melepas begitu saja member baru Anda untuk sendiri ke lapangan karena ada embel embel "member nya udah pengalaman dari MLM lain".

Hati hati frennn, bila member tsb menjalankan dengan tidak benar maka akan cenderung negatif dan membandingkan dengan bisnis MLM lamanya.

Yah kalau cuma negatif sendiri dan komplain ke Anda doank. Kalau sudah negatif, dan mulutnya seperti ember bocor kemana mana dan memberikan influence negatif ke group Anda yang lainnya ?

Soo kita kunci saja istilah PEMULA adalah Semua Member Baru yang bergabung di bisnis Anda !

Berapa lama disebut PEMULA ?

Saya tidak bisa berikan jawaban yang pasti, karena masing masing bisnis MLM berbeda beda, namun guide line nya adalah sampai member baru Anda memahami esensi dari bisnis MLM Anda dan sudah mampu mandiri, mulai berprestasi, sudah konsisten menjalankan bisnis MLM dengan system yang Anda ajarkan.

Di waktu tersebut lah Anda bisa selangkah demi selangkah melepaskan Mode "Mengatur" dan mulai masuk ke Mode "Memimpin"

Kapan saatnya Anda Memimpin ?

Saat Anda memimpin yang paling tepat adalah sewaktu mereka siap untuk dipimpin ! 

Kapankah itu ? Ketika mereka sudah menjalankan dengan baik, apa yang Anda aturkan untuk mereka, terbiasa dengan sistem, sudah terbiasa mandiri, profesional, konsisten, dan tentunya sudah berprestasi. Saat itulah Anda mulai memimpinnya.

Memimpinnya berarti Anda menunjukkan Arahnya, memberikan guide line mana yang boleh dijalankan, dan mana yang tidak, Menjual Visi Anda kepada mereka, dan memberikan kesempatan dan peluang untuk diri mereka mulai memimpin dan mengatur group group di bawah jaringannya.

Di banyak perusahaan MLM, banyak kesimpang siuran antara kualitas yang bagaimana yang disebut "LEADER" dan mana yang disebut "MEMBER AKTIF".

Nah itu yang mengacaukan kepemimpinan di bisnis MLM selama ini. Member yang aktif namun belum terbukti berprestasi dan siap utk memimpin sudah disebut sebagai "LEADER" sehingga jiwa independennya muncul dan mulai tidak mau diatur oleh uplinenya.

Apa patokan sebutan "LEADER" ?

Susah dijawab sehhh namun biasanya LEADER tsb berprestasi di Level Bisnis yang Menengah di Jenjang Prestasi Bisnis MLM. Beberapa perusahaan menyebut Jenjang Bisnis tsb dengan nama DIRECTOR atau SENIOR MANAGER.

Soo Kapan Anda Mengatur dan Memimpin ?

Mungkin Anda sudah mendapatkan sedikit gambaran dari saya. Jujur Frennn itu dari pendapat pribadi saya, mungkin benar mungkin tidak, Anda harus kembangkan sendiri untuk Bisnis MLM Anda karena kita butuh kedua duanya dan harus mampu menggunakannya dengan tepat dan seimbang.

MENGATUR berbicara tentang Efisiensi, Ekonomis, dan Fungsional maka Mengatur haruslah difokuskan ke SYSTEM. Maka kenapa setiap member baru harus diikutkan dan dijebloskan ke pelatihan semacam New Distributor Training atau New Business Partner Training. Supaya mereka paham budaya dan patuh dengan System.

MEMIMPIN berbicara tentang Efektifitas, Tepat Guna dan Sasaran maka Memimpin difokuskan kepada PEOPLE. Maka Leader MLM yang level atas sering harus lebih peka dan mampu berfokuskan kepada manusia.

Semoga bermanfaat !
Salam Hebat Luar Biasa !

Erwin Tanes

*Penulis adalah seorang mantan Senior Regional Manager di sebuah Perusahaan MLM terkemuka di Indonesia. Sekarang beliau aktif memberikan pelatihan dan seminar diberbagai instansi pemerintahan dan perusahaan. Beliau juga aktif menulis artikel dan buku terutama tentang pengembangan diri. Beliau bisa dihubungi di nomor 0812 609 4755

Tidak ada komentar:

Posting Komentar